ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

9 Fashion Show Terbaik Desainer Indonesia Sepanjang 2022

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 01 Jan 2023 15:30 WIB
Fashion show Edward Hutabarat A/W 2023 Peragaan busana 'Kabakil' persembahan Edward Hutabarat di Candi Borobudur pada Desember 2022. (Foto: Dok. Edward Hutabarat)
Jakarta -

Tahun ini, panggung mode Tanah Air kembali bergeliat. Desainer-desainer Indonesia berbondong-bondong menggelar peragaan busana. Tak sekadar pamer karya, mereka pun menyajikannya dengan visualisasi yang mengesankan.

Pandemi nyatanya tidak mematikan kreativitas para pelaku industri kreatif Indonesia, khususnya fashion. Bisnis tetap berjalan secara online. Hanya saja, pembatasan tak memungkinkan mereka menggelar peragaan secara fisik.

Maka ketika situasi mulai membaik dan pemerintah sudah melonggarkan aturan kegiatan tatap muka, para desainer langsung memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengadakan lagi fashion show.

Dari koleksi yang memukau hingga panggung yang spektakuler, para desainer memberikan yang terbaik. Berikut beberapa di antaranya:

1. Ayu Dyah Andari

Peragaan Busana Ayu Dyah AndariPeragaan Busana Ayu Dyah Andari (Foto: Dok. Tim Muara Bagdja)

Selalu ada momen pertama di dalam kehidupan. Bagi desainer busana muslim dan modest wear Ayu Dyah Andari, butuh penantian 11 tahun untuk menggelar peragaan tunggal perdananya.
Bertajuk 'Les Allees', fashion show tersebut berlangsung di The Langham, Jakarta, Senin (14/3/2022).

Area ballroom disulap menjadi sebuah taman megah yang penuh mawar putih, lengkap dengan patio bergaya klasik seperti di Eropa. Baca artikel selengkapnya di sini.

2. Biyan Wanaatmadja

Koleksi Terbaru Biyan Wanaatmadja Spring 2023Koleksi Biyan Wanaatmadja Spring 2023 (Foto: Mohammad Abduh/ Wolipop)

Fashion show bertajuk 'Renjana' pada Juli 2022 menandai persembahan perdana desainer Biyan Wanaatmadja setelah hampir tiga tahun absen menggelar peragaan busana. Terakhir kali mempresentasikan karyanya secara fisik pada 2019, ia pun harus menyesuaikan diri lagi.

"Salah satu tantangannya, starting all over again setelah dua tahun terbiasa dengan semua pembatasan. Namun, kita lebih mengapresiasi hal-hal kecil yang biasa tidak terpikirkan karena hiruk-pikuknya kesibukan sebelum pandemi," kata pria kelahiran Surabaya, 67 tahun lalu itu. Peragaan tersebut menyuguhkan koleksi Spring-Summer 2023 dari lini utamanya.

3. Mel Ahyar di JF3

Koleksi Mel Ahyar Di Jf3 Fashion Festival 2022Koleksi Mel Ahyar di JF3 Fashion Festival 2022 (Foto: Abduh/Detikcom)

Menjadi salah satu desainer yang menampilkan karyanya dalam peragaan 'Kain Negeri' persembahan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) di JF3 Fashion Festival 2022, Senin (5/9/2022), Mel Ahyar mempersembahkan 'Cabaya' dari seri Archipelago.

Di tangan Mel, kebaya-kebaya tradisional hadir dalam cutting yang lebih modern sehingga mengembuskan kebaruan yang memikat tanpa menghilangkan jati dirinya sebagai warisan budaya Nusantara.


4. Sapto Djojokartiko

Koleksi Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023Koleksi Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023 (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Gedung Filateli, bangunan berbentuk hanggar bekas kantor pos era kolonial, menjadi pilihan desainer Sapto Djojokartiko untuk mementaskan koleksi busana siap pakai terbarunya. Dari lokasi bersejarah itu, ia menyampaikan harapan dan optimismenya lewat kreasi Spring/Summer 2023.

Ada kekaguman yang timbul saat menyaksikan koleksi terbarunya tersaji di dalam Gedung Filateli yang berlokasi di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, pada Selasa (27/9/2022). Bukan sebuah pemandangan biasa saat para model berlalu-lalang di dalam bangunan berusia hampir 300 tahun ini dengan iringin musik DJ yang mendentum-dentum.


5. Denny Wirawan

Koleksi Denny Wirawan Spring-Summer 2023 'Langkah'Koleksi Denny Wirawan Spring-Summer 2023 'Langkah' (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)

Tanpa terasa, 25 tahun sudah desainer Denny Wirawan berkarya. Sebuah koleksi yang memadukan secara harmonis batik Kudus dan tenun Bali hadir untuk menandai pencapaian tersebut.

Koleksi Spring-Summer 2023 tersebut naik pentas dalam peragaan mini (trunk show) yang bertajuk 'Langkah' di Intercontinental Pondok Indah, Rabu (28/9/2022). Panggung sederdana, tapi koleksinya memukau.


6. Caren Delano

Melly Goeslow di acara Caren DelanoMelly Goeslow di peragaan persembahaan Caren Delano (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)

Impian stylist selebriti Caren Delano untuk memiliki brand fashion lagi terwujud. Koleksi perdana dari Faboo, demikian nama merek tersebut, naik pentas di panggung serba pink di Senayan City, Jakarta pada Oktober lalu.

"Bukan karena sedang tren, tapi warna ini juga merupakan simbol cinta dan harapan," kata mantan stylist Syahrini itu soal pilihannya memilih warna pink.



7. Harry Halim

OCTOBER 27: Closing parade of JFW presents 'The Impossible Love' featuring Harry Halim during Jakarta Fashion Week 2023 in City Hall – Pondok Indah Mall 3, Jakarta.(Foto: Dok. JFW/Dachri Megantara)

Lama membangun karier di luar negeri, Harry Halim akhirnya kembali ke Tanah Air. Sebuah koleksi bertema romantic punk menandai 'kepulangan' sang desainer. Koleksi tersebut tampil sebagai penutup hari ke-4 Jakarta Fashion Week (JFW) 2023, Kamis (27/10/2022).

Peragaan ini sangat dinanti oleh klien, penggemar, hingga pangagum Harry Halim karena untuk pertama kalinya dalam satu dekade ini pula ia akan mementaskan kreasinya secara langsung kepada khalayak di Indonesia. Finale yang menjadi puncak dari sebuah fashion show dieksekusi dengan cara yang tak terduga oleh sang desainer. Ia memilih lagu 'Kala Sang Surya Tenggelam' yang melankolis dari Chrisye untuk mengiringi langkah para model. Anak punk juga punya sisi melow.


8. Studio 133 Biyan

Koleksi Studio 133 Biyan Spring Summer 2023Koleksi Studio 133 Biyan Spring Summer 2023 (Foto: Abduh/detikcom)


Tahun ini, Biyan dua kali memamerkan karyanya. Kali ini, giliran Studio 133, label kedua dari desainer yang karyanya sudah mendunia. Grand Ballroom Intercontinental disulapnya menjadi semacam gudang penuh dengan scaffolding atau perancah yang berbentuk susunan kerangka-kerangka besi untuk keperluan konstruksi bangunan.

'Nostalgia Retrograde', demikian pria kelahiran Surabaya, 68 tahun lalu ini menamai koleksinya. Tajuk tersebut sangat mewakili inspirasinya yang kali ini bersumber dari semangat kebebasan berekspresi yang menggelora di negara-negara barat pada era 1960-1970an, dengan ditandai oleh kehadiran kaum hippies.

"Dunia waktu itu mengalami transisi besar-besaran. Dari 50-an yang sangat sistematis, masuk ke masa yang serba freedom of speech. Semua orang lebih bebas mengekspresikan dirinya," ujar desainer yang sempat mendalami ilmu mode di London College of Fashion ini jelang peragaannya.

9. Edward Hutabarat

Fashion Show Edward Hutabarat 'Kabakil' di Candi Borobudur, Rabu (30/11/2022).Fashion Show Edward Hutabarat 'Kabakil' di Candi Borobudur, Rabu (30/11/2022). (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Hujan mengguyur kawasan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, pada Rabu (30/11/2022) sore sejak pagi. Padahal tinggal beberapa jam lagi desainer Edward Hutabarat akan mempersembahkan peragaan kolosalnya yang bertajuk 'Kabakil' di situs bersejarah tersebut.

But the show must go on. Sampai tiba waktunya acara berkonsep terbuka itu digelar, hujan tak kunjung usai. Para model sudah siap melangkah, tamu-tamu sudah berdatangan dengan antusias meski harus berbasahan.

Fenomena alam yang berada di luar kuasa manusia tersebut justru menyempurnakan sebuah persembahan spesial Edward Hutabarat untuk merayakan peradaban Sumba yang menawan.



Simak Video "Year In Review 2022: Gegap Gempita Konser & Fashion 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)