ADVERTISEMENT

Melanie Putria Bagikan 5 Tips Olahraga yang Aman & Nyaman

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Kamis, 29 Sep 2022 13:29 WIB
Shopee Foto: dok. Shopee
Jakarta -

Pandemi COVID-19 meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kesadaran ini juga terlihat dari berkembangnya minat masyarakat untuk berolahraga.

Bahkan, akhir-akhir ini tren olahraga pun melejit mulai dari bersepeda, tenis, lari, gym, pilates, hingga zumba sehingga membuat masyarakat bebas memilih jenis olahraga yang ingin dilakukan. Meski demikian, hal terpenting untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga yakni dengan melakukannya secara konsisten.

Melihat hal ini, Shopee menggandeng Fitness Influencer Melanie Putria dalam BincangShopee 10.10 Brands Festival: Fisik Sehat, Rahasia Tubuh Kuat untuk berbagi insight seputar olahraga. Dalam diskusi kali ini, Melanie membahas soal pentingnya menjaga pola hidup sehat agar tubuh tetap fit serta berbagai tips menjaga konsistensi dan memaksimalkan efektivitas olahraga.

"Seperti yang kita ketahui, menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh ada berbagai macam caranya, salah satunya adalah dengan berolahraga. Menjadikan olahraga sebagai kegiatan rutin yang dilakukan setiap harinya dapat memberikan efek yang positif terhadap kekuatan fisik untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Shopee senang sekali dapat menghadirkan sesi diskusi yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama para pengguna setia di acara BincangShopee kali ini. Kami berharap, seluruh inisiatif yang kami hadirkan dalam kemeriahan kampanye 10.10 Brands Festival dapat senantiasa mendukung kegiatan berolahraga pengguna dengan akses produk yang lebih mudah dan juga pastinya beragam," ujar Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia dalam keterangannya, Kamis (29/9/2022).

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Olahraga

Dalam talkshow kali ini, Melanie berbagi pengetahuan tentang berbagai dampak positif dari melakukan olahraga secara rutin. Namun sayangnya, Melanie mengimbau agar masyarakat berolahraga sesuai kemampuannya.

"Menurut aku dengan konsisten berolahraga, kita bisa meningkatkan kualitas hidup dari segala aspek, mulai dari menjaga kesehatan fisik hingga mental. Seringkali orang merasa bahwa olahraga membutuhkan waktu yang banyak, padahal dengan diimbangi pengetahuan yang mumpuni sangat mungkin bagi kita untuk berolahraga secara efektif tanpa memakan banyak waktu. Jangan lupa juga untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing agar lebih konsisten dan menyenangkan," katanya.

Melanie menjelaskan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan aktivitas olahraga yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

1. Frekuensi

Sebelum berolahraga, sebaiknya tentukan terlebih dahulu frekuensi olahraga yang akan dilakukan dalam satu minggu. Melanie menyebut jenis olahraga bisa disesuaikan dengan kemampuan dan tingkatkan secara perlahan.

"Jika saat baru mulai kamu hanya berolahraga 1-2x seminggu, lama kelamaan bisa kamu tingkatan menjadi 4-5x. Penting untuk tahu berapa frekuensi yang tepat agar bisa mencapai tujuan tanpa berolahraga secara berlebihan," paparnya.

2. Intensitas

Parameter intensitas menjadi hal penting lainnya yang perlu diperhatikan. Pasalnya, hal ini menjadi ukuran seberapa sulit olahraga yang akan dilakukan. Saat baru memulai, sebaiknya hindari melakukan olahraga secara berlebihan. Pastikan untuk sesuaikan intensitas olahraga dengan kemampuan guna menghindari cedera atau burnout.

"Mulailah dari level yang dirasa nyaman dan sanggup kamu lakukan, lalu setelah rutin berolahraga bisa kamu tingkatkan secara bertahap," katanya.

3. Tipe

Menentukan tipe olahraga yang sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan goal juga jadi hal penting. Sebagai pemula, mulailah olahraga dari yang paling ringan, menyenangkan, dan nyaman seperti bersepeda atau jogging. Hindari langsung melakukan kegiatan olahraga berat seperti lari maraton jika masih baru mulai mencoba berolahraga.

4. Durasi

Parameter selanjutnya mengacu pada durasi berolahraga yang perlu disesuaikan dengan beberapa faktor, seperti kebugaran tubuh, usia, berat badan, hingga kesehatan. Jika ingin menambah durasi, sebaiknya lakukan jika memang tubuh sudah merasa benar-benar siap dan terlatih.

5. Persiapan

Terakhir adalah persiapan. Saat mulai rutin berolahraga, pastikan untuk memiliki produk atau alat yang dapat mendukung aktivitas olahraga. Selain untuk melengkapi penampilan, peralatan ini juga mendukung aktivitas agar memperoleh hasil maksimal, serta membuat olahraga lebih nyaman, dan meminimalisir risiko cedera.

Seluruh perlengkapan olahraga ini dapat ditemukan melalui Shopee, termasuk di toko Antarestar. Owner of Antarestar Faiz Daffa Fathullah mengatakan Antarestar menghadirkan berbagai produk olahraga dengan penawaran spesial pada kampanye Shopee 10.10 Brands Festival. Melalui kampanye ini, masyarakat dapat menemukan berbagai perlengkapan olahraga yang dibutuhkan.

"Dalam rangka memeriahkan kampanye Shopee 10.10 Brands Festival, Antarestar turut berpartisipasi dalam rangkaian kampanye untuk menawarkan berbagai produk pada kategori olahraga dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau bagi seluruh masyarakat. Lebih daripada itu, kami juga memberikan penawaran belanja menarik seperti diskon s/d 80% dan banyak produk terbaru di kampanye kali ini. Kami berharap, inisiatif ini dapat masyarakat manfaatkan untuk bersama membangun kebiasaan sehat dalam berolahraga untuk mencapai kekuatan dan kesehatan fisik yang optimal. Jadi, catat tanggalnya dan jangan sampai terlewatkan ya!" pungkasnya.



Simak Video "3 Tips Menjaga Kesehatan Mental Menurut WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)
Live Breaking News
×
Fit & Proper Test Calon Panglima
Fit & Proper Test Calon Panglima Selengkapnya