Liputan Khusus Penyintas Corona

Kisah Wanita Sembuh dari Corona Setelah 21 Hari, Curhat di TikTok Jadi Obat

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 04 Okt 2020 20:00 WIB
Foto: Screenshot TikTok @wina_fio Foto: Screenshot TikTok @wina_fio
Jakarta -

Wanita bernama Winarti atau akrab disapa Wina ini tak menyangka dia terjangkit virus Corona. Pasalnya ia kerap melakukan rapid tes untuk mencegah tertular virus Corona. Hasil rapid tes yang dilakukannya pun non reaktif.

Namun ternyata nasib menentukan berbeda. Dia justru terpapar virus Corona dari teman serumahnya sendiri. Wina tinggal di Jakarta bersama temannya. Dia mulai merasa terpapar COVID-19 pada akhir Agustus 2020.

"Jadi aku tinggal se rumah sama teman aku. Dia seminggu yang lalu bertemu dengan teman-temannya. Ternyata salah satunya ada yang positif, dia kan nggak menyadari. Teman aku tes swab 28 Agustus, aku masih baik-baik saja. Besoknya 29 Agustus aku tes swab. Setelah swab aku mulai ada gejalanya," kata Wina saat berbincang dengan Wolipop melalui sambungan telepon, Kamis (1/10/2020).

Wanita berambut pendek ini mengalami demam tinggi selama dua hari. Saat memeriksakan diri ke klinik, dokter pun sudah menduga dia terpapar COVID-19. Pada saat itu hasil tes swab yang dilakukannya belum keluar.

"Karena swabnya belum keluar, aku dikasih vitamin, sakit kepala, obat mual, penurun panas dan paracetamol. Sambil menunggu hasil swab aku bener-bener drop. Aku nunggu hasil swab di rumah saja," ungkapnya.

TikTok Jadi Obat

Wina mendapat kabar dirinya terinfeksi COVID-19 pada 1 September 2020. Pihak rumah sakit tempatnya melakukan tes swab menghubunginya dan menyatakan dia positif terinfeksi Corona.

Setelah menerima hasil tes swab itu, Wina meminta surat keterangan dari pihak rumah sakit agar dirinya bisa dirawat di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pada saat dia terinfeksi Corona itu, kondisi Wisma Atlet belum sepenuh sekarang ini di mana jumlah pasien COVID-19 setiap hari semakin bertambah.

Kisah Winarti yang ada di Wisma Atlet, KemayoranKisah Winarti yang dirawat di Wisma Atlet, Kemayoran Foto: Screenshot TikTok @wina_fio

Saat pertama kali menjalani perawatan, Wina mengungkapkan dokter dan perawat melayaninya dengan baik. "Obat-obatan direspon sesuai keluhan masing-masing. Klorokuin untuk meringankan virus, aku sakit kepala dikasih paracetamol, ada juga obat lambung," ujarnya.

Seminggu setelah dirawat di Wisma Atlet, Wina merasa drop karena dinyatakan positif Corona. Untuk memulihkan kondisinya dan mengusir kejenuhan, Wina kerap membuat konten di TikTok. TikTok lah yang menjadi tempat Wina berkeluh kesah karena dia sempat merasa down ketika dikucilkan teman-temannya. Dia juga mengunggah momen dirinya menangis karena sakit kepala ke akun TikTok.

""Rasa sakit kepalanya itu kebangetan, ampai aku nangis Live di TikTok karena ini sakit banget," katanya.

Baginya dengan membuat konten di TikTok justru bisa menjadi obatnya karena dia bisa curhat. Curhatannya itu pun menurutnya bisa menjadi informasi untuk orang-orang di luar sana yang masih meremehkan COVID-19.

"Aku juga ngerasa down saat awal-awal kayak kena aib banget diomongin teman-teman. Makanya aku buat konten TikTok. Dengan aku jujur kesemua orang malah pada simpatik kan. Karena aku bilang kalau aku tidak kenapa-kenapa," ujar Wina.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3