The Fabulist 2021

5 Tren Fashion Unik Hingga Kontroversial yang Warnai 2021

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 01 Jan 2022 11:00 WIB
Tren fashion 2021 (Foto: Dok. GmBH) Tren fashion 2021 (Foto: Dok. GmBH)
Jakarta -

Berbagai tren fashion mewarnai 2021. Tren-tren yang muncul tahun ini cenderung merefleksikan dinamika isu budaya, sosial dan lingkungan secara global.

Dari fashion, kita bisa merasakan perubahan-perubahan yang sedang terjadi di masyarakat. Seperti yang pernah diutarakan oleh mendiang Diana Vreeland, ikon media fashion yang pernah menjabat sebagai editor in chief Vogue (1963 - 1971).

"Fashion adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dan berubah setiap waktu seiring kejadian di sekitarnya. Anda bahkan dapat melihat datangnya revolusi dari sebuah pakaian," katanya Diana Vreeland.

Kutipan itu cukup untuk mendeskripsikan berbagai tren fashion yang mendominasi tahun ini.

Tren tersebut ada yang lahir dari kejamakan koleksi para desainer. Namun, tak bisa dimungkiri pula, pesohor dan selebriti juga punya andil. Mereka memakai gaya busana tertentu yang akhirnya menginspirasi banyak orang sehingga terciptalah tren fashion tersendiri.

Terlepas dari itu, tren fashion yang bermunculan tak luput dari kontroversi atau cibiran. Pasalnya, ada tren yang dianggap bertentangan dengan norma 'berpakaian' yang berlaku sejak lama.

Berikut tren fashion yang telah mewarnai sepanjang setahun terakhir:


1. Y2K Fashion is back!

MILAN, ITALY - SEPTEMBER 24: Emily Ratajkowski walks the runway at the Versace fashion show during the Milan Fashion Week - Spring / Summer 2022 on September 24, 2021 in Milan, Italy. (Photo by Vittorio Zunino Celotto/Getty Images)Versace Spring / Summer 2022 (Foto: Getty Images/Vittorio Zunino Celotto)

Fashion trends come and go. Bak roda, tren fashion pun berputar. Tahun ini, kita melihat kembalinya masa kejayaan Y2K fashion.

Setelah dominasi busana bernuansa minimalis dan edgy, 2021 diambil alih oleh tren fashion yang sempat menjadi primadona di akhir 90-an dan awal 2000-an.

Celana atau rok sepinggul (disebut hipster pada masanya), variasi crop-top, gaun penuh sequin atau detail bernuansa gliter dan beberapa fashion essentials Y2K meramaikan ranah gaya anak muda.

Kehadiran tren ini juga diperkuat dengan euforia konser atau acara-acara nostalgia yang menampilkan para bintang yang populer di era tersebut. Tren fashion Y2K diprediksikan akan tetap berlanjut hingga tahun depan.


2. Green is the new black

From left, Maddox Jolie-Pitt, Vivienne Jolie-Pitt, Angelina Jolie, Knox Jolie-Pitt, Shiloh Jolie-Pitt, and Zahara Jolie-Pitt arrive at the premiere of Angelina Jolie dan anak-anaknya. (Foto: Jordan Strauss/Invision/AP)

Beberapa tahun terakhir, orang-orang semakin sadar betapa pentingnya melakoni gaya hidup hijau demi menyelamatkan lingkungan. Industri fashion, sebagai salah satu penyumbang limbah terbesar di dunia, juga mulai berbenah diri.

Produsen dan label berlomba-lomba meluncurkan produk fashion yang diklaim ramah lingkungan. Stella McCartney misalnya menawarkan tas berbahan jamur sebagai pengganti kulit yang proses produksinya minim polusi.

Sementara itu, selebriti dunia memberi contoh aksi yang lebih nyata dengan 'mendaur-ulang' pakaian. Alih-alih membeli baju baru untuk momen spesial, mereka menggunakan baju lama.

Kate Middleton, Emma Watson, Cate Blanchett, Joaquin Phoenix dan daftarnya bertambah terus. Semakin banyak selebriti yang tak gengsi bersolek dengan baju lama atas nama lingkungan. Di karpet merah Marvels, Angelina Jolie bahkan mendandani putri-putrinya dengan gaun lamanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2