Gaun dan Bahu Terbuka Jadi Tren Fashion Pria 2021, Berminat?

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 02 Feb 2021 08:37 WIB
Koleksi GmBH Spring-Summer 2021 Tren fashion pria 2021 (Foto: Dok. GmBH)
Paris -

Pekan mode khusus pakaian pria di Paris Fashion Week Fall/Winter 2021 baru saja rampung. Lantas seperti apa tren fashion pria yang bakal mendominasi setahun mendatang?

Salah satu tren yang menarik perhatian muncul di koleksi GmBH. Merek streetwear asal Jerman besutan desainer Serhat Isik dan fotografer fashion Benjamin Alexander Huseby ini mengeluarkan pakaian dengan gaya off-shoulder yang mengekspos bagian bahu hingga ke atas dada.

Beberapa di antaranya hadir dalam siluet jas yang maskulin, lalu mantel berbebulu. Ada pula jas dengan dekorasi bulu yang dibuat menyilang pada bagian off-shoulder.

Vogue Hommes, dalam sebuah unggahan di Instagram-nya, membandingkan busana tersebut dengan gaun 'balas dendam' Putri Diana. Gaun rancangan Christina Stambolian itu dipakai Putri Diana saat menghadiri sebuah pesta pada 1994.

[Gambas:Instagram]



Penampilan Diana tersebut sempat menjadi kontroversi karena gaun tersebut bertentangan dengan protokol busana Kerajaan Inggris yang melarang pakaian terbuka. Banyak orang menilai ibu Pangeran William dan Harry itu sengaja memakainya untuk membalas dendam kepada Pangeran Charles yang berselingkuh dengan Camilla Parker Bowles.

Meski potongan off-shoulder lebih familiar pada pakaian wanita, GmBH justru mendapat inspirasi dari hal yang lain. Benjamin dan Serhat menamai koleksi ini 'Welt am Draht (World on a Wire)' yang diambil dari serial tv klasik 1970-an karya sutradara Jerman Rainer Werner Fassbinder.

Inspirasi tersebut merupakan refleksi keduanya akan perubahan drastis cara komunikasi manusia karena pandemi. Interaksi virtual yang intens kini menjadi andalan. "Dunia kita sepenuhnya eksis di dunia lain, mungkin sebagai simulasi komputer," tulis GmBH dalam keterangan koleksinya.

Mereka lalu menerjemahkan inspirasi tersebut lewat potongan berbentuk silang pada bagian atas busana sehingga menciptakan kesan seperti pakaian off-shoulder.

Di koleksi Fendi Couture Spring/Summer 2021, gaun membungkus tubuh para pria. Busana ini merupakan bagian dari koleksi perdana Kim Jones sejak diumumkan sebagai direktur artistik Fendi pada akhir tahun lalu, menggantikan Karl Lagerfeld.

Fendi Couture Spring 2021Fendi Couture Spring 2021 (Foto: Dok. Fendi)

Dan ini untuk pertama kalinya juga, Fendi menghadirkan busana pria di koleksi adibusananya. Rumah mode Valentino juga melakukan hal yang sama.

Koleksi adibusana Fendi kali ini ini bertajuk Orlando yang diambil dari judul sebuah novel klasik karya Virginia Woolf. Novel yang terbit perdana pada 1928 tersebut menyoroti seorang bangsawan pria bernama Orlando yang bertransisi sebagai seorang transgender perempuan.

(dtg/dtg)