ADVERTISEMENT

Ini Penyebab Warna Kulit di Area Intim Lebih Gelap, Nggak Usah Minder

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Jumat, 22 Jul 2022 21:00 WIB
ilustrasi vagina Ilustrasi area intim. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Warna kulit yang gelap atau menghitam di sekitar area intim mungkin membuat sebagian orang tidak percaya diri. Tapi jangan khawatir, kondisi tersebut sangat normal, dan ada sebab ilmiahnya.

Dokter spesialis bedah dan urologi Rena Malik menjelaskan kulit yang lebih gelap di area intim disebabkan oleh hormon, terutama testosteron. Selain itu juga karena aktivitas seksual.

"Kulit lebih gelap di daerah genitalia sangatlah normal. Faktanya itu terjadi pada setiap orang. Biasanya terjadi secara berangsur-angsur, dan cenderung makin gelap seiring bertambahnya usia," terang Rena, seperti dikutip dari Daily Star.

Hormon jadi salah satu penyebab utama kenapa area intim menghitam. Hormon seks testosteron memberi efek pada melanosit, sel penghasil melanin di lapisan bawah epidermis. Sel ini bertanggungjawab memproduksi pigmen dan menentukan warna kulit.

Proses penggelapan kulit di area intim ini umumnya dimulai saat usia pubertas dan kehamilan, di mana pada masa itu, terjadi perubahan hormon yang drastis.

Penyebab lainnya adalah karena terjadinya gesekan pada area intim, seperti aktivitas seks, pemakaian produk penghilang rambut kemaluan dan proses pencukuran rambut di daerah itu.

Meskipun terbilang normal, ada tanda-tanda yang perlu diwaspadai ketika kulit di area tersebut menghitam secara drastis yang disertai dengan rasa tidak nyaman seperti gatal-gatal atau perih. Bisa jadi karena reaksi alergi, infeksi penyakit kelamin menular atau kondisi medis lainnya.

Cara Meminimalisir Penggelapan Kulit di Area Genital

Kulit yang menghitam di sekitar alat kelamin hampir mustahil dihindari. Tapi kamu bisa melakukan pencegahan untuk meminimalisir agar tidak terlihat terlalu gelap.

"Kondisi ini memang normal. Kalau kamu mau menghindari kulit di area intim menghitam, bisa coba meminimalisir gesekan," jelas Rena Malik.

Kenakan pakaian longgar dan jaga kulit tetap lembap dengan produk pelembap atau moisturizer. Usahakan tidak melakukan banyak aktivitas yang bisa menimbulkan gesekan pada area intim.

"Hindari proses penghilangan bulu seperti waxing atau cukur, lalu kenakan pakaian yang menyerap keringat," pungkasnya.



Simak Video "Alasan Irish Bella Sekolahkan Anak di Usia 2 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)