Mengenal Diet 80/20, Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Tubuh Langsing

Tim Beautynesia - wolipop Kamis, 16 Jun 2022 07:45 WIB
Sisters in Yukata sitting at terrace of Japanese traditional cafe Diet 80/20 ala orang Jepang. Foto: iStock
Jakarta -

Memiliki tubuh langsing ideal menjadi dambaan bukan hanya demi penampilan tapi juga kesehatan. Bagi kamu yang ingin punya tubuh langsing bisa mencoba diet 80/20 ala orang Jepang. Seperti apa?

Kebiasaan baik menerapkan pola hidup yang sehat, sudah dilakukan oleh wilayah-wilayah di dunia dengan sebutan Zona Biru yang masyarakatnya memiliki umur panjang dan sehat. Salah satu wilayah di Jepang yang masuk dalam kategori Zona Biru adalah Okinawa. Dilansir dari laman Eat This, Not That, rahasia dari rata-rata penduduknya yang berumur panjang dan jarang terpapar penyakit serius adalah diet 80/20.

Apa itu Diet 80/20 yang Dilakukan Orang Jepang?

Patokan utama dari kebiasaan penduduk Okinawa adalah diet 80/20. Diet ini menekankan untuk merasakan kenyang sebesar 80% setiap kali makan. Kebiasaan ini akan membantu otak untuk memberikan sinyal bahwa perut sudah terasa penuh. Sisa 20% lainnya adalah perasaan lapar saja yang tidak dipenuhi, sehingga metode diet ini cocok untuk menurunkan berat badan.

Penduduk Okinawa sangat disiplin terkait pola dan porsi makan setiap harinya. Biasanya mereka akan makan dengan porsi yang lebih sedikit pada siang hari.

Pada saat makan malam, porsi makanan bisa ditambahkan dengan catatan bahwa tidak makan mendekati jam tidur. Selain itu, setelah makan malam tidak akan ada tambahan makanan lagi yang dikonsumsi.

Selain menjaga porsi makan, orang Jepang, khususnya penduduk Okinawa membatasi asupan gula dan garam. Mengonsumsi gula berlebih akan menyebabkan diabetes, mempercepat pikun, penuaan dini, serta masalah-masalah kesehatan lainnya. Apabila terlalu banyak asupan garam dalam tubuh dapat meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung.

Mau tahu apalagi cara diet 80/20 yang dilakukan penduduk Okinawa, Jepang? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "KuTips: Simak Cara Diet Sehat saat Puasa Ala Ahli Gizi!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)