ADVERTISEMENT

Mengenal Diet DASH dan Cara Menjalaninya untuk Turun BB dengan Sehat

Hestianingsih - wolipop Selasa, 24 Mei 2022 19:15 WIB
Young Asian woman received a box full of colourful and fresh organic groceries ordered online by home doorstep delivery. She is planning to cook a healthy meal in the kitchen at home. Healthy eating lifestyle Ilustrasi menu diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/KucherAV
Jakarta -

Diet DASH merupakan salah satu tipe diet yang dianggap paling sehat menurut sejumlah pakar kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan dari Cardiovascular Associates of Virginia Beach, diet ini masuk dalam tiga pola makan paling sehat dan aman dilakukan dalam jangka panjang.

Selain itu diet DASH juga bisa diterapkan sebagai pola makan sehat sehari-hari. Lantas, seperti apa diet yang digadang-gadang sebagai salah satu yang terbaik ini?

Awal dari diciptakannya diet DASH sebenarnya bertujuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Itulah mengapa DASH meruopakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension.

Seperti diketahui tekanan darah tinggi adalah salah satu pemicu utama penyakit kardiovaskular, seperti jantung hingga stroke, yang diketahui juga sebagai penyebab utama kematian di dunia.

Diet DASH menekankan pada konsumsi makanan lengkap yang kaya nutrisi, namun disarankan lebih banyak buah dan sayur. Diet ini juga mengharuskan konsumsi kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, ayam, gandum utuh serta lemak sehat.

Diet DASH membolehkan konsumsi susu namun hanya yang rendah lemak atau bebas lemak. Sangat disarankan mengonsumsi buah dan sayur bersama makanan kaya protein agar perut terasa kenyang lebih lama.

Menerapkan diet DASH terbukti dapat mengurangi berat badan sebanyak 3,6 kg dalam dua bulan. Memang tidak terlalu signifikan, namun diet yang baik memang seharusnya menurunkan berat badan secara bertahap dan melalui proses panjang.

Selain itu diet ini juga bagus untuk menurunkan kadar trigliserida yang tinggi. Trigliserida merupakan jenis lemak dalam darah dan merupakan hasil uraian tubuh pada makanan yang mengandung lemak dan kolesterol yang telah dikonsumsi, lalu masuk ke tubuh serta terbentuk di hati. Jika jumlahnya berlebihan, berisiko menyebabkan diabetes tipe 2.

Dalam diet DASH, makanan yang harus dihindari adalah yang mengandung kalori tinggi. Selain itu juga hindari makanan tinggi lemak dan garam.



Simak Video "KuTips: Simak Cara Diet Sehat saat Puasa Ala Ahli Gizi!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)