7 Sayuran yang Bagus untuk Diet, Paling Ampuh Buat Turun Berat Badan

Arina Yulistara - wolipop Senin, 23 Mei 2022 09:17 WIB
Healthy food: large selection of fresh organic multicolored vegetables in a crate shot on dark wooden table. Fruits and vegetables included in the composition are watermelon, oranges,lime, lemons, banana,grape, strawberries, apples, pears, blueberries, tamarind, kale, tomatoes, squash, asparagus, celery, eggplant, carrots, lettuce, edible mushrooms, bell peppers, cauliflower, ginger, corn, bok choy, raw potatoes, chili peppers among others. High resolution studio digital capture taken with Sony A7rII and Sony FE 90mm f2.8 macro G OSS lens Sayuran yang bagus untuk diet. Foto: Getty Images/fcafotodigital

Jakarta -

Berencana turun berat badan dalam waktu dekat? Konsumsi beberapa sayuran yang bagus untuk diet paling ampuh buat turun berat badan.

Sayuran yang bagus untuk diet cenderung rendah kalori dan menawarkan serat yang mengenyangkan. Tidak hanya itu, sayuran yang bagus untuk diet juga bisa membantu mengurangi keinginan untuk makan camilan.

"Kandungan air dari sayuran yang bagus untuk diet juga bisa meningkatkan volume makanan," jelas Shahzadi Devje, RD, CDE, MSc, seorang ahli penyakit diabetes bersertifikat di Toronto, seperti dilansir dari Food Network.

Devje juga mengatakan kalau sayuran yang bagus untuk diet bisa membuatmu kenyang lebih lama. Bahkan beberapa sayuran yang bagus untuk diet memiliki manfaat baik lainnya untuk turun berat badan.

Berikut deretan sayuran yang bagus untuk diet. Bisa menjadi pilihan menu lauk sehari-hari saat berusaha menurunkan berat badan:

1. Bayam

"Ini rendah kalori, bernutrisi, dan bisa dimasak dalam semua jenis resep," kata Devje.

Bayam dianggap sebagai sayuran yang bagus untuk diet karena berkalori rendah serta memiliki manfaat lain buat kesehatan keseluruhan. Menurut U.S. Centers for Disease Control and Prevention, bayam sangat terkait dengan penurunan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, jantung, dan beberapa jenis kanker.

2. Brokoli

Sayuran yang bagus untuk diet lainnya adalah brokoli. Sayuran yang bagus untuk diet ini kaya akan serat dan sangat sehat sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

"Ini salah satu sayuran favorit saya karena serba guna, Ini cara yang bagus untuk mendapatkan ekstra serat," ujar Marisa Moore, MBA, RDN, ahli diet di Atlanta.

3. Labu

Pilihan sayuran yang bagus untuk diet lainnya bisa mengambil labu sebagai alternatif. Devje mengatakan, labu merupakan sayuran yang bagus untuk diet karena rendah kalori dan lemak. Berdasarkan USDA Nutrient Database, secangkir labu yang dimasak mengandung 42 kalori saja.

"Ini berfungsi sebagai alternatif rendah kalori yang ideal. Ini juga rendah lemak dan menyediakan serat yang membantumu kenyang lebih lama," ujar Devje.

4. Kubis Brussel


Kubis Brussel termasuk sayuran yang bagus untuk diet. Kubis ini bisa membantumu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan kaya akan serat.

"Sayuran silangan ini sarat dengan serat untuk membantumu cepat kenyang dan kenyang lebih lama untuk sementara waktu. Mereka sangat rendah kalori dan membuat tubuh tidak mudah lapar setelah memakannya.

Secangkir kubis Brussel hanya mengandung 38 kalori. Kamu bisa memasaknnya dengan cara dipanggang atau ditumis yang lezat dan mengenyangkan.

(eny/eny)