ADVERTISEMENT

7 Sayuran yang Bagus untuk Diet, Bisa Bantu Turun Berat Badan

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 03 Feb 2022 10:00 WIB
Sayuran yang bagus untuk diet. Foto: Getty Images/fcafotodigital Sayuran yang bagus untuk diet. Foto: Getty Images/fcafotodigital
Jakarta -

Banyak ahli nutrisi yang menganjurkanmu makan banyak sayuran, terutama saat sedang diet. Apa saja sayuran yang bagus untuk diet sehat demi bisa menurunkan berat badan?

Sebagian besar sayuran rendah kalori karena menawarkan serat yang mengenyangkan dan membantu menenangkan perut dari keinginan untuk makan camilan. Makan banyak sayuran yang bagus untuk diet juga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

"Kandungan air dari sayuran bisa meningkatkan volume makanan," ujar Shahzadi Devje, RD, CDE, MSc, selaku certified diabetes educator di Toronto, seperti dikutip dari Food Network.

Ada beberapa sayuran yang bagus untuk diet. Berikut deretan sayuran yang bagus untuk diet agar memaksimalkan program penurunan berat badanmu:

Saat Makan Bayam Sering Nyangkut di Gigi? Ternyata Ada Alasan IlmiahnyaSayuran yang bagus untuk diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/PoppyB

1. Bayam

Bayam termasuk salah satu sayuran yang bagus untuk diet. Kandungan nutrisi di dalamnya bisa membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, jantung, hingga kanker.

"Bayam lebih rendah kalori, banyak nutrisi, dan serbaguna untuk digunakan dalam semua jenis resep," kata Devje.

Menurut laporan dari U.S. Centers for Disease Control and Prevention, bayam dianggap sebagai sayuran pembangkit tenaga listrik. Nikmati bayam yang dimasak sederhana atau dalam bentuk smoothies hijau yang sehat.

2. Brokoli

Manfaat Sehat Brokoli untuk TubuhBrokoli, sayuran yang bagus untuk diet. Foto: Getty Images/iStockphoto

Moore, MBA, RDN, selaku pakar diet dari Atlanta mengatakan bahwa brokoli termasuk sayuran yang bagus untuk diet karena membantu menurunkan berat badan. Makan brokoli menjadi cara terbaik untuk mendapatkan serat ekstra.

3. Labu spaghetti

Sayuran yang bagus untuk diet selanjutnya adalah spaghetti squash atau labu spaghetti. Devje menyebut kalau labu tersebut memiliki rendah kalori.

Semangkok labu dimasak hanya mengandung 42 kalori. Ini juga rendah lemak dan menyediakan serat untuk membantumu kenyang lebih lama.

4. Kubis

Sayuran yang bagus untuk diet satu ini akan membantumu cepat kenyang. Kandungan seratnya membuatmu lebih kenyang dan tahan lama.

"Kubis sangat rendah kalori tapi memiliki kemampuan untuk membuatmu merasa tidak lapar lagi setelah mengonsumsinya," ujar Amy Goodson, MS, RD, CSSD, selaku ahli diet di Dallas.

Apalagi sayuran yang bagus untuk diet, bantu turunkan berat badan? Lanjut di halaman berikutnya ya.

Selanjutnya
Halaman
1 2