ADVERTISEMENT

Ini Menu Diet Golongan Darah B untuk Menurunkan Berat Badan

Arina Yulistara - wolipop Minggu, 10 Apr 2022 18:00 WIB
Diet Golongan Darah B. Foto: Getty Images/iStockphoto/petrroudny Diet Golongan Darah B. Foto: Getty Images/iStockphoto/petrroudny
Jakarta -

Kamu punya golongan darah B? Coba pahami serba-serbi diet golongan darah B agar bisa memilih makanan yang tepat.

Apa itu diet golongan darah B dan bagaimana cara melakukannya? Mengutip dari Healthline, diet golongan darah pernah dipopulerkan oleh seorang dokter naturopati bernama Dr. Peter D'Adamo pada 1996 silam.

Dr. Peter meluncurkan buku berjudul 'Eat Right 4 Your Type' dan sangat laris di pasaran hingga terjual jutaan eksemplar di New York, Amerika Serikat. Bukunya merupakan panduan diet golongan darah B, A, O, dan AB.

Buku tentang diet golongan darah B, A, O, dan AB dipercaya bisa membantu mengoptimalkan program sehat serta penurunan berat badan seseorang. Ini karena pengaruh genetik, termasuk diet golongan darah agar bisa maksimal.

Bagi kamu yang memiliki golongan darah B, apa sudah benar melakukan diet golongan darah B? Berikut serba-serbi diet golongan darah B yang bisa kamu pahami:

Menu Diet Golongan Darah B

1. Daging

Untuk diet golongan darah B, kamu disarankan untuk memilih asupan daging yang tepat. Daging domba, kambing, rusa, kelinci, dan ikan merupakan menu diet golongan darah B untuk protein hewani yang disarankan.

Kamu tidak diajurkan sering makan daging ayam dan babi. Selain itu, jenis unggas lainnya seperti bebek juga perlu dihindari atau konsumsi dalam porsi kecil saja.

Batasi pula mengonsumsi daging sapi sebagai menu diet golongan darah B. Tidak hanya itu, aneka lobster, kepiting, kerang, dan udang juga perlu diminimalkan untuk masuk ke dalam menu diet golongan darah B.

Natural products rich in vitamin B6 and protein. Healthy diet concept for weight loss. close upMenu diet golongan darah B Foto: iStock

2. Buah-buahan dan sayur

Semua buah bagus untuk menu diet golongan darah B. Meskipun buah dan sayuran merupakan bagian penting dari menu diet golongan darah B karena memasok vitamin serta mineral namun ada beberapa yang sebaliknya dihindari.

Dalam menu diet golongan darah B sebaiknya hindari banyak konsumsi alpukat, kelapa dan delima. Untuk sayurannya, jangan sering makan jagung, tomat, serta labu.

3. Biji-bijian dan kacang

Beras serta oatmeal merupakan salah satu biji-bijian yang diizinkan masuk ke dalam menu diet golongan darah B. Makanan seperti roti dan pasta gandum juga bisa masuk ke menu diet golongan darah B.

Hindari variasi kacang tertentu seperti garbanzo atau hitam, terutama bagi kamu yang memiliki golongan darah B positif. Tidak baik untuk kesehatanmu.

4. Susu

Menu makanan diet golongan darah B selanjutnya adalah susu, terutama jika kamu memiliki golongan darah B positif. Sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi keju, bumbu, rempah-rempah, saos tomat, dan merica.

Seperti apa contoh menu dan pantangan diet golongan darah B? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2