Manfaat Minum Teh Hijau untuk Diet Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Arina Yulistara - wolipop Minggu, 17 Apr 2022 15:00 WIB
Glass cup with fresh green tea and mint. Manfaat minum teh hijau untuk diet. Foto: Getty Images/iStockphoto/DevMarya
Jakarta -

Mungkin sebelum Ramadan kamu sering mengonsumsi teh hijau untuk diet. Namun ketika bulan puasa memilih berhenti mengonsumsi teh hijau untuk diet karena khawatir mempengaruhi kesehatan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dan kafein dalam teh hijau untuk diet dapat membantu meningkatkan metabolisme, oksidasi lemak, bahkan aktivitas insulin. Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau untuk diet kehilangan rata-rata 2,9 pon (13 kg) selama periode 12 minggu sambil tetap berpegang pada diet reguler mereka.

Sementara manfaat penurunan berat badan dari teh hijau untuk diet bervariasi. Rata-rata orang yang mengikuti program mengonsumsi sedikitnya 2,5 cangkir teh hijau untuk diet per hari.

Bagaimana jika mengonsumsi teh hijau untuk diet selama Ramadan? Apakah teh hijau untuk diet aman dikonsumsi untuk sahur dan berbuka puasa?

"Teh tanpa pemanis tidak akan menyebabkan lonjakan insulin dan oleh karena itu sangat baik dikonsumsi saat puasa," ujar Autumn Bates, ahli gizi klinis bersertifikat di Manhattan Beach, California, seperti dilansir dari The Healthy.

Kamu boleh saja menambahkan gula, madu, atau susu tapi tidak berlebihan sehingga gula darah tetap stabil. Kamu bisa minum satu cangkir saat sahur dan satu cangkir untuk berbuka puasa.

Apa saja manfaat minum teh hijau untuk diet selama bulan puasa? Berikut manfaat minum teh hijau untuk diet saat sahur dan berbuka puasa.

1. Mengurangi rasa lapar

Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan di Clinical Nutrition, kandungan senyawa fenolik spesifik dan antioksidan dalam teh yang disebut katekin dapat membantu mengurangi produksi ghrelin, hormon pemberi sinyal rasa lapar. Teh hijau untuk diet bisa dikonsumsi saat sahur yang membuatmu tidak mudah kelaparan pada siang hari.

Mengutip dari Vogue Arabia, teh hijau sudah dikenal sebagai minuman ajaib yang mencegah penyakit jantung dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh karena itu, cocok diminum saat sahur.

2. Menjaga kecantikan kulit

Bagaimana bisa teh hijau untuk diet dapat menjaga kecantikan kulit? Berdasarkan penelitian terbaru, minum teh hijau untuk diet saat sahur sebelum pergi beraktivitas ke luar rumah bisa membantu mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV.

Kandungan antioksidan di dalamnya membantu memberikan perlindungan terhadap kanker kulit. Kamu bisa mengonsumsi teh hijau untuk diet bersama dengan blueberry saat sahur yang meningkatkan kekuatan antioksidan di dalamnya.

3. Peningkatan relaksasi

Teh hijau untuk diet juga bisa membantu meningkatkan relaksasi dalam tubuh. Jadi, kamu bisa beribadah lebih nyaman dan tenang selama bulan puasa.

Kandungan L-theanine atau asam amino yang ditemukan dalam teh hijau dan teh hitam bisa membantu menurunkan tingkat stres. Hal ini dilaporkan dalam sebuah studi pada 2019 di Nutrients. Kamu disarankan mengonsumsi teh hijau untuk diet saat sahur maupun berbuka puasa dalam keadaan hangat yang akan menenangkan tubuh secara alami.

4. Membantu menurunkan berat badan

Mengalami kenaikan berat badan selama bulan puasa? Coba saja minum teh hijau untuk diet yang bisa membantu menurunkan berat badan lebih banyak.

Sebuah tinjauan 2018 dalam jurnal Molecules mengonfirmasi bahwa polifenol dalam teh, khususnya teh hijau, dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Ini berkat kandungan kafein dan reaksi dalam mikrobioma usus yang memicu peningkatan pembakaran lemak.

Apakah kamu sudah mempertimbangkan minum teh hijau untuk diet buat sahur dan berbuka puasa?



Simak Video "Serba-serbi Debut Solo Nayeon TWICE"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)