Manfaat Teh Hijau untuk Diet dan Kesehatan

Lukita Wardani - wolipop Selasa, 17 Nov 2020 18:00 WIB
Teh Hijau Bisa Sebabkan Masalah Pencernaan Apa saja manfaat teh hijau bagi diet dan kesehatan? (Foto: iStock)
Jakarta -

Manfaat teh hijau untuk diet penurunan berat badan telah dibuktikan para ahli. Kandungan dalam teh hijau yaitu katekin dapat membantu membakar lemak perut dan mendetoksifikasi tubuh dari bahan kimia berbahaya yang meningkatkan risiko penyakit terkait berat badan.

Berikut manfaat teh hijau untuk diet dan kesehatan:

1. Peran Katekin Teh Hijau

Senyawa dalam teh hijau membantu meningkatkan proses pembakaran lemak. Senyawa itu adalah katekin teh hijau atau dikenal sebagai EGCG atau epigallocatechin gallate.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition meneliti dampak EGCG pada penurunan berat badan dan energi. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak teh hijau membakar rata-rata 80 kalori lebih banyak per hari dibandingkan kelompok lainnya. EGCG bekerja untuk merampingkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme.

Sedangkan studi yang diterbitkan dalam Physiology and Behavior menemukan bahwa katekin teh hijau membantu meningkatkan oksidasi lemak. Proses yang digunakan tubuh untuk memecah lemak yang tersimpan. Katekin teh hijau juga terbukti meningkatkan tingkat energi, laju metabolisme, dan meningkatkan fungsi hati.

Teh hijau menstimulasi metabolisme dengan menaikkan suhu internal tubuh. Ini memberi sinyal pada sistem pencernaan untuk mempercepat pembakaran lemak untuk menyediakan lebih banyak energi.

Manfaat teh hijau untuk diet juga memicu pelepasan asam lemak seluler yang dikenal dengan katekolamin. Senyawa ini mencegah produksi enzim yang memperlambat produksi asam lemak. Konsumsi teh hijau membantu pemecahan sel-sel lemak ini menjadi energi.

Teh Hijau Bisa Sebabkan Masalah Pencernaan( Foto: Getty Images/Eva-Katalin)

2. Menghilangkan Radikal Bebas


Salah satu alasan mengapa teh hijau menyehatkan adalah karena membantu detoksifikasi tubuh. Radikal bebas adalah atom atau molekul yang memiliki elektron tidak berpasangan. Itu membuat agen ini sangat reaktif pada tingkat kimiawi. Radikal bebas berpasangan dengan sel yang rusak dan dapat merusak kesehatan. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini, jenis kanker tertentu, penambahan berat badan, dan penyakit jantung.

Senyawa dalam teh hijau membantu menghilangkan radikal bebas ini untuk meningkatkan kesehatan dan mempercepat penurunan berat badan. Minum teh hijau juga membantu mengurangi risiko oksidasi dengan menghilangkan racun. Sebuah studi yang diterbitkan oleh European Journal of Nutrition menyelidiki dampak teh hijau pada stres oksidatif. Hasilnya atlet yang mengonsumsi suplemen teh hijau memiliki tingkat stres oksidatif yang lebih rendah secara signifikan.

3. Kafein


Teh hijau termasuk minuman yang mengandung kafein alami. Hanya saja kandungan kafein dalam ten hijau lebih sedikit dibanding kopi atau teh lainnya.

Kafein sendiri dikenal sebagai stimulan alami yang dapat meningkatkan energi dan mempercepat penurunan berat badan. Mengonsumsi kafein di pagi hari dapat menghambat neurotransmitter yang disebut adenosin. Dengan memblokir bahan kimia ini, kafein juga membantu melepaskan peningkatan tingkat dopamin dan norepinefrin yaitu bahan kimia bahagia yang meningkatkan energi dan kewaspadaan.

Kafein juga bekerja langsung di otot untuk membantu meminimalkan perasaan lelah. Kafein juga dapat membantu meningkatkan energi saat kamu merasa lesu. Dalam hal penurunan berat badan, kafein dalam teh hijau dapat membantu kamu mendapatkan tenaga melalui olahraga dan bahkan dapat meningkatkan kinerja latihan saat olahraga.


4. Teh Hijau Rendah Kalori

Manfaat teh hijau untuk diet adalah minuman ini bebas kalori. Kamu dapat mengganti soda manis dan minuman tidak sehat dengan secangkir teh hijau yang nikmat. Pastikan untuk membatasi penambahan pemanis agar minuman sehat ini tidak menjadi penambah kalori. Cobalah menyeduh teh hijau dengan tambahan daun stevia alami untuk menambah kenikmatan rasa juga aroma.

Secara umum manfaat teh hijau untuk diet dapat membantu mempercepat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak. Efek penurunan berat badan teh hijau juga diminimalkan dengan asupan kafein yang tinggi.

Agar diet ini efektif, kamu juga harus meminimalkan jumlah kopi yang dikonsumsi. Cobalah mengganti satu atau dua cangkir kopi dengan teh hijau sepanjang hari.

Namun faktanya adalah bahwa minum teh hijau saja tidak akan membuat banyak perbedaan dalam penurunan berat badan. Rencana penurunan berat badan yang efektif harus mencakup diet sehat dan program olahraga untuk hasil terbaik. Manfaat minum teh hijau untuk diet dipercaya dapat bertindak sebagai suplemen untuk penurunan berat badan. Kamu harus tetap berkomitmen di semua lini untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Green tea in a flat round split bamboo basket at Meijiawu of Hangzhou.Teh hijau. (Foto: iStock)
(dtg/dtg)