Toilet Wanita Ini Didesain Tanpa Pintu, Waktu Antre Jadi 6 Kali Lebih Cepat

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 14 Feb 2022 11:15 WIB
Peequal Foto: Instagram @peequaluk
Jakarta -

Antrean kamar mandi wanita sering kali mengular di tempat-tempat umum. Untuk mengatasinya, dua kreator asal Inggris merancang toilet yang bisa mengurangi waktu mengantre. Dinamakan 'Peequal', bentuk ruangan tersebut dibuat seperti pizza dan hadir tanpa pintu.

Amber Probyn dan Hazel McShane dari Universitas Bristol adalah sosok di balik proyek yang dapat mengubah hidup tersebut. Sebagai wanita, mereka pernah dihadapkan dengan antrean toilet hingga berjam-jam di festival musik dan memutuskan untuk mencari solusinya. Dikatakan jika desain yang mereka temukan bisa membuat antrean enam kali lebih cepat dari pada toilet biasa.

PeequalPeequal Foto: Instagram @peequaluk

Desain ruangan tersebut hadir tanpa pintu dan atap. Uniknya, kamar mandi itu didesain dengan toilet jongkok daripada duduk. Meski tanpa pintu, setiap biliknya dibuat dengan sekat yang cukup untuk menutupi tapi di saat bersamaan bisa melihat bahwa ada orang berdiri di dalam. Toilet itu memang dirancang untuk kepraktisan untuk orang-orang yang sudah kebelet.

Selain bisa membuat antrean lebih cepat dikatakan jika desain toilet umum tersebut bisa mengurangi jejak karbon di lokasi konser atau festival karena ringkas dan mudah dibongkar pasang. Karena itu, tidak perlu banyak kendaraan untuk membawa toilet-toilet itu ke acara-acara yang membutuhkan.

Desain toilet umum ini sudah dimodali £250.000 (Rp 4,8 miliaran) untuk dibuat ke tahap selanjutnya. Tapi cukup banyak juga yang mengkritik temuan mereka. Beberapa menganggap jika bilik kamar mandi itu bisa membuat orang kehujanan dan terlalu terekspos. Tim Peequal sendiri mengaku masih akan berinovasi untuk membuat temuan mereka jadi lebih baik. Toilet itu pun sudah banyak dilirik investor yang akan mengambilnya untuk diterapkan di berbagai acara dan festival mulai tahun ini.

PeequalPeequal Foto: Instagram @peequaluk

"Pendanaan ini bukan hanya bagus untuk Peequal tapi sebuah momen untuk kesetaraan buang air kecil di seluruh dunia. Kami sangat bangga bisa mengubah cara waniat buang air kecil dan melakukannya dengan cara yang aman yang mengurangi waktu antrean," ungkapnya.

"Menjadi 1% dari wanita yang sukses dalam menggalang dana, aku merasa sangat tersanjung dan bersemangat untuk membantu sesama founder wanita untuk melakukan hal yang sama. ini bukan hanya sebuah produk, ini punya potensi untuk mengubah sifat, aku pikir ini berbeda sudut pandang dari kebanyakan bisnis, bisa mengubah cara kita memandang kesehatan wanita," kata Amber.

[Gambas:Instagram]



(ami/ami)