Tempat Sampah Warna Hijau, Apa Fungsi dan Manfaatnya?

Nada Zeitalini - wolipop Senin, 29 Nov 2021 21:24 WIB
Tempat sampah daur ulang efektif dan bermanfaat mengurangi sampah plastik. Salah satu sentra pembuatannya ada di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Sering kali kita temui tempat sampah dengan beberapa warna berbeda, salah satunya warna hijau. Ternyata perbedaan warna tersebut berfungsi untuk mengklasifikasikan atau membedakan jenis sampah yang dapat dibuang.

Warna hijau pada tempat sampah ini menandakan alam, sehingga yang boleh dibuang di sana hanyalah barang-barang alami yang mudah terurai. Umumnya, tempat sampah hijau berfungsi untuk membuang sisa bahan-bahan yang bersifat organik atau alami yang mudah membusuk kemudian dijadikan pupuk kompos.

Dikhususkan untuk sampah yang mudah hancur dan membusuk, maka tempat sampah hijau harus terbuat dari bahan yang kokoh dengan penutup yang aman dan pas. Tujuannya adalah tidak menimbulkan bau yang menyebar. Hal inilah yang membedakan tempat sampah hijau dengan yang lainnya.

Jenis Sampah yang Dapat Dibuang ke Tempat Sampah Hijau

Jika Anda belum mengetahui apa saja yang termasuk dalam kelompok sampah organik. Maka simak beberapa contoh sampah organik yang bisa Anda buang ke tempat sampah berwarna hijau.

1. Sisa makanan, seperti sayuran dan daging yang sudah tidak layak konsumsi

2. Tepung, susu, dan telur

3. Tisu toilet yang tidak terpapar bahan kimia

4. Sisa bubuk kopi atau kantong teh

5. Tanaman yang rusak

6. Kotoran hewan peliharaan

7. Popok bekas

8. Pembalut wanita

Manfaat Adanya Tempat Sampah Hijau

Tempat sampah hijau memiliki berbagai keuntungan dalam penggunaan sehari-hari. Berikut manfaat memakai tempat sampah hijau:

1. Mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke tempat pembuangan akhir (TPA)

Sampah organik bisa langsung diolah menjadi pupuk kompos di tempat pengolahannya. Maka, dengan memisahkan sampah organik ke tempat sampah hijau, memudahkan petugas kebersihan memisahkannya kemudian mengirim ke tempat pengolahan, bukan ke TPA. Hal ini membantu agar TPA tidak terlalu penuh dan kehabisan tempat untuk menampung.

2. Mengurangi bau dan hama

Manfaat lainnya yaitu dengan desain tertutup yang kuat dan aman maka tempat sampah ini mampu meminimalisir bau busuk tersebar ke luar. Oleh sebab itu, jika kamu membuang sampah pada tempat sampah hijau maka tutuplah dengan benar. Selain itu, pilih tutup tempat sampah yang pas agar hama tidak mudah masuk ke dalamnya.

Itulah beberapa manfaat dari tempat sampah warna hijau yang sering kita temui. Biasanya, tempat sampah tersebut banyak diletakkan di ruangan terbuka, seperti perumahan, taman, restoran, dan tempat usaha lainnya. Ukurannya pun sangat bervariasi, mulai dari ukuran kecil sekitar 8 liter hingga ukuran besar sekitar 1.200 liter. Harga tempat sampah pun beragam, mulai dari Rp100 ribu sampai dengan Rp 7 juta, berdasarkan ukuran.

Untuk mendapatkan berbagai pilihan tempat sampah yang berkualitas, Anda bisa langsung mengunjungi Ruparupa.com. Situs ini juga menjual berbagai perabot dan peralatan rumah berkualitas dari merek ternama, seperti Informa dan Ace Hardware. Selain itu, berbelanja melalui Ruparupa.com bisa mendapatkan berbagai promo menarik, loh. Tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang juga!

(fhs/ega)