9 Jenis Olahraga Kardio Buat Kamu yang Nggak Suka Lari

Lukita Wardani - wolipop Senin, 22 Feb 2021 10:10 WIB
Athletic Beautiful Woman Exercises with Jump / Skipping Rope in a Gym. Shes Covered in Sweat from Her Intense Cross Fitness Training. Dark atmosphere. Olahraga kardio buat yang nggak suka lari. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Pada masa pandemi seperti ini olahraga merupakan satu instrumen utama yang harus kamu lakukan secara rutin agar imunitas tetap terjaga dan sehat selalu. Lari atau running menjadi salah satu alternatif olahraga yang mudah dilakukan.

Hanya saja bagi sebagian orang melakukan olahraga kardio seperti lari akan membuat dirinya kehabisan nafas atau tidak kuat lari. Adakah alternatif olahraga kardio buat mereka yang nggak suka lari?

Lari bukanlah satu-satunya olahraga kardio yang dapat kamu lakukan. Berikut jenis olahraga kardio yang bisa kamu lakukan selain lari:

1. Lompat Tali atau Skipping

Lompat tali bisa dengan mudah kamu lakukan dimana saja hanya dengan ruangan yang cukup untuk melakukannya. Ini juga sangat efisien karena penelitian menunjukkan melakukan lompat tali setiap hari selama 10 menit sama efektifnya dengan joging selama 30 menit.

2. Boxing atau Kickboxing

A group of women kickboxing and training together at their local gym.Kickboxing, olahraga kardio buat yang nggak suka lari. Foto: iStock

Olahraga kardio buat yang nggak suka lari berikutnya adalah latihan boxing atau kick boxing. Kick boxing menggabungkan berbagai jenis tendangan, pukulan, dan gerakan menyeret, dengan ini kamu dapat melatih otot inti dan otot tubuh bagian atas dan bawah sambil memompa jantung.

3. Senam atau Squad

Senam adalah gerakan yang dilakukan hanya dengan menggunakan berat badan kamu dan akan membuatnya menjadi lebih kuat dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Kamu bisa melakukan rutinitas senam ini dengan waktu yang cepat dan di mana saja.

4. Planking

Fit women doing one hand one leg plank exercise workout at homePlank, olahraga kardio buat yang nggak suka lari. Foto: thinkstock

Plank sangat bagus untuk membangun kekuatan dan daya tahan inti. Saat kamu melakukan plank dengan menambahkan gerakan yang meningkatkan kesulitan kamu maka itu akan meningkatkan juga detak jantung kamu dengan melibatkan lebih banyak bagian tubuh. Variasi populer dari plank seperti mountain climber dan plank jack.

5. Angkat beban

Angkata beban bisa jadi alternatif olahraga kardio buat kamu yang nggak suka lari. Kamu dapat membawa beban di kedua lengan atau hanya satu beban dalam satu waktu. Latihan ini sederhana dan efektif. Bukan hanya meningkatkan detak jantung, tetapi juga akan membangun kekuatan otot di lengan.

6. Sepeda Statis

ilustrasi lansia sepeda statisSepeda statis, olahraga kardio buat yang nggak suka lari. Foto: ilustrasi/thinkstock

Sepeda statis cocok buat kamu yang ingin olahraga kardio namun tidak suka lari. Kamu bisa melakukan olahraga ini dengan menyesuaikan level resistensi dan menggabungkan gerakan berdiri dan duduk. Kamu juga dapat mengontrol kecepatan dan waktu kamu berolahraga.

7. Rowing Machine

Mendayung atau rowing adalah latihan kardio lainnya yang menggunakan otot di hampir setiap bagian tubuh kamu, termasuk inti, punggung, kaki, dan lengan. Memerlukan teknik yang tepat untuk melakukannya namun jika melakukannya dengan intensitas tinggi akan meningkatkan detak jantung dan memberikan kamu latihan yang efisien dan seimbang.

8. VersaClimber

VersaClimber merupakan mesin pendakian dengan intensitas tinggi yang sudah ada sejak tahun 1981 tetapi baru-baru ini menjadi terkenal. Ini bisa menjadi alternative kamu jika ingin menghadapi tantangan yang lebih.

9. Jacob's Ladder

Olahraga kardio buat yang nggak suka lari ini dapat memberikan latihan yang sangat efisien. Jacob's Ladder merupakan merek alat olahraga yang bentuknya seperti tangga. Dengan melakukan gerakan naik turun tangga di Jacob's Ladder selama 10 atau 15 menit semua yang kamu butuhkan untuk pembakaran lemak bisa berjalan dengan baik.

(eny/eny)