7 Cara Mengecilkan Betis yang Besar Agar Kaki Terlihat Jenjang

Virgina Maulita Putri - wolipop Kamis, 28 Nov 2019 06:30 WIB
7 Cara Mengecilkan Betis yang Besar Agar Kaki Terlihat Jenjang. Foto: iStock 7 Cara Mengecilkan Betis yang Besar Agar Kaki Terlihat Jenjang. Foto: iStock

Jakarta - Jika betis kalian terlihat besar karena berotot artinya kalian sudah berolahraga tapi harus melakukan sedikit perubahan di pola makan dan olahraga.

Berikut tujuh cara mengecilkan betis agar kaki terlihat lebih jenjang yang dirangkum Wolipop:

1. Hindari Olahraga Tertentu

Jika kalian sudah rutin berolahraga, kemungkinan besar betis kalian terlihat besar karena berotot. Sebaiknya hindari beberapa jenis olahraga karena bisa membuat betis kalian bekerja lebih keras.

Beberapa olahraga yang sebaiknya dihindari adalah bersepeda, lari di permukaan yang menanjak, skipping, sprinting serta olahraga high intensity interval training (HIIT).



2. Lakukan Kardio Ringan

Kardio ringan bisa membakar lemak di seluruh tubuh dengan efektif dan cocok untuk kalian yang baru mencoba untuk berolahraga. Beberapa jenis kardio ringan yang bisa kalian lakukan untuk mengecilkan betis antara lain lari di permukaan yang datar, jalan cepat dan berenang.

Selain itu ada juga beberapa gerakan senam yang bisa kalian lakukan, misalnya squat sambil membawa beban berukuran kecil. Berdiri dengan kaki terbuka sejajar dengan bahu, taruh tangan di pinggang dan tekuk lutut.

Tahan squat selama 2-3 detik sebelum kembali berdiri dengan punggung yang tegak. Lakukan 10-15 squat dalam sekali sesi.

7 Cara Mengecilkan Betis yang Besar Agar Kaki Terlihat JenjangFoto: iStock


3. Lari di Treadmill

Jika kalian suka mengunjungi gym, olahraga yang bisa kalian lakukan untuk mengecilkan betis adalah lari di treadmill. Metode ini terbilang efektif karena saat berlari di treadmill yang bergerak, otot betis kalian tidak terlalu menahan beban yang besar jika dibanding dengan lari di area outdoor.



4. Perbaiki Teknik Berjalan

Jika sedang berjalan atau berlari usahakan selalu melangkah menggunakan seluruh kaki. Selama ini kalian bisa saja berjalan dengan teknik yang memberikan tekanan berlebih pada kedua betis.

Contohnya, kalian tanpa menyadari berjalan dengan jari kaki menyentuh tanah terlebih dahulu baru diikuti. Coba mulai melangkah dengan tumit menyentuh tanah terlebih dahulu baru diikuti dengan ujung jari kaki.


5. Hindari Sepatu Hak Tinggi

sepatu hak tinggi bisa membuat otot di betis kalian terlihat besar dan tidak seimbang. Selain itu, mengenakan sepatu hak tinggi tanpa bantalan yang benar bisa membahayakan pinggang dan punggung bagian bawah.

6. Diet

Jika betis kalian besar karena lemak, diet untuk mengurangi lemak di seluruh tubuh merupakan cara yang mudah untuk dilakukan. Untuk diet yang sehat ada beberapa poin yang harus diperhatikan yaitu konsumsi lebih banyak sayur dan buah, makan daging tanpa lemak, ganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat utuh dan yang paling penting konsumsi lebih sedikit kalori dibanding yang dikeluarkan.

7. Lakukan Yoga atau Pilates

Olahraga seperti yoga atau pilates adalah cara mengecilkan betis dengan cepat dan mudah yang bisa kalian lakukan, terutama jika betis kalian besar karena otot.

Olahraga pilates dan yoga bisa membuat otot semakin lentur, sehingga kaki menjadi lebih jenjang, dan betis pun tampak kecil.



Simak Video "Hijabers, Perhatikan 4 Bahan Pakaian Olahraga Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)