5 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah, Atasi Jerawat Hingga Bikin Kulit Glowing

Lukita Wardani - wolipop Selasa, 26 Jan 2021 13:45 WIB
Female tasting a lime and smiling Manfaat jeruk nipis untuk wajah. Foto: Istock
Jakarta -

Tahukah kamu kalau tubuh manusia itu terdiri dari 60 persen air? Jadi tidak heran jika mengonsumsi air mineral dua liter setiap hari sangat diperlukan dan bagus untuk tubuh. Selain air mineral, mengonsumsi jeruk nipis juga bisa bermanfaat untuk wajah lho. Apa manfaat jeruk nipis?

Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Sudah bukan rahasia lagi antioksidan merupakan senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam jeruk nipis ini pastinya juga bermanfaat untuk kecantikan terutama area wajah.

Berikut manfaat jeruk nipis untuk wajah:

1. Mengurangi Bakteri

Jeruk nipis memiliki khasiat antibiotik alami. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 'BMC Complementary and Alternative Medicine' edisi November 2006 mengungkapkan manfaat jeruk nipis ini. Dalam risetnya, peneliti memaparkan berbagai bakteri, termasuk E. Coli dan Staphylococcus aureus, ke minyak jeruk nipis, hasilnya menunjukkan pertumbuhan bakteri ini terhambat. Membersihkan wajah dengan jeruk nipis dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

2. Mengencangkan Pori-Pori

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah mengencangkan pori-pori kulit wajah. Kandungan jeruk nipis memiliki sifat astringent di dalamnya yang menyebabkan pengencangan otot sesaat.

Lime. Lime slice isolated on white background. Collection.Manfaat jeruk nipis. Foto: Istock

Karena alasan ini, astringents digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit wajah dan ditemukan di sejumlah produk kecantikan yang dijual di pasaran. Mereka digunakan untuk mengencangkan pori-pori dan untuk sementara waktu mengurangi produksi minyak sehingga kulit lebih terasa bersih dan cerah.

3. Menghilangkan Kulit Mati

Jeruk nipis merupakan buah yang mengandung asam sitrat. Selain menambah rasa dan aroma, asam sitrat yang terdapat pada jeruk nipis membantu mengangkat kulit mati dari wajah.

Tanpa sel kulit mati, wajah akan terlihat lebih cerah dan cerah. Pengangkatan kulit mati yang cepat juga mencegah sel-sel yang mengelupas menyumbat pori-pori yang dapat membantu mengurangi munculnya jerawat.

4. Membantu Wajah Lebih Terlihat Awet Muda

Seperti diketahui jeruk nipis mengandung antioksidan. Salah satu fungsi dari antioksidan ialah menyerap beban reaksi berantai radikal bebas dan membiarkannya keluar tanpa membahayakan tubuh melalui urin. Proses ini dapat mengurangi sirkulasi radikal bebas di dalam tubuh kamu, yang menyebabkan berkurangnya kerusakan jaringan dan tanda-tanda penuaan. Jadi kulit bisa lebih cerah dan lebih muda.

5. Membuat Wajah Glowing

Mau merasakan manfaat jeruk nipis? Kamu hanya perlu minum segelas air hangat yang dicampur sedikit madu dan perasan jeruk nipis di pagi hari secara teratur maka akan memberikan manfaat glowing atau bercahaya pada wajah kamu.

Jadi untuk mendapatkan wajah bersih dan bercahaya bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin. Selamat mencoba berbagai manfaat jeruk nipis untuk wajah ini ya.



Simak Video "Selamat! Bintang 'Wonder Woman' Gal Gadot Hamil Anak Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)