Manfaat Minuman Herbal untuk Meredakan Stres saat Kerja di Rumah Seharian

Hestianingsih - wolipop Jumat, 17 Apr 2020 15:14 WIB
Orang hamil minum teh dan kopi Ilustrasi wanita minum teh. Foto: iStock
Jakarta -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat banyak pusat perkantoran ditutup dan karyawan diminta bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Kerja dari rumah mungkin awalnya terasa menyenangkan dan lebih mudah.

Namun nyata nya terlalu lama berdiam di rumah bisa memicu stres bahkan meningkatkan risiko serangan kecemasan. Terlebih lagi jika WFH harus dilakukan bersamaan dengan mengajari anak sekolah dari rumah.

Stres dan kelelahan mental yang masih ringan bisa diatasi dengan makanan atau minuman sehat. Beberapa minuman herbal diyakini punya manfaat meredakan stres karena kandungannya. Apa saja?


1. Chamomile

Chamomile telah lama dikenal sebagai bahan herbal yang punya manfaat anti-peradangan dan zat untuk relaksasi. Teh chamomile juga bermanfaat mengatasi rasa perut yang tidak nyaman disebabkan oleh stres.

"Bisa membantu untuk orang-orang yang mengalami efek stres seperti sakit pencernaan, diare atau BAB tidak lancar," kata profesor farmakologi (ilmu tumbuhan sebagai sumber bahan obat -red) Yalda Shokoohinia, PhD, seperti dikutip dari The Healthy.

Yalda juga menambahkan bahwa chamomile bisa membantu tidur lebih nyenyak. Kualitas tidur yang baik dapat membantu mengurangi stres. Chamomile bisa dikonsumsi dalam bentuk teh atau bubuk herbal.

teh chamomileTeh chamomile adalah minuman herbal yang punya manfaat meredakan stres. Foto: Getty Images


2. Lemon Balm

Lemon balm masih satu keluarga dengan daun mint dan telah terbukti sebagai herbal yang punya manfaat meredakan stres dan anti-cemas. Aroma mint bercampur dengan citrus memberi rasa relaks dan segar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine menunjukkan, responden yang mengonsumsi lemon balm, tingkat stres berkurang setelah satu jam dan lebih tenang serta terjaga.

"Lemon balm telah digunakan lebih dari 2.000 tahun lalu sebagai pereda stres alami. Meningkatkan level GABA, neurotransmitter yang diketahui memicu perasaan tenang," jelas pakar diet Mikka Knapp.

Lemon balm bisa digunakan sebagai penambah rasa pada makanan berkuah, dicacah dan dicampurkan pada saus atau celupkan dalam teh panas.

teh jaheTeh jahe merupakan minuman herbal yang punya manfaat meradakan stres. Foto: iStock


3. Jahe

Selain menghangatkan tenggorokan dan meredakan mual, jahe juga merupakan herbal yang punya manfaat mengatasi stres mapun rasa cemas. Dalam jahe terkandung Gingerol, antioksisan yang dapat menetralkan reaksi kimia berbahaya yang diproduksi tubuh saat kita stres.

Kamu bisa membuat minuman jahe dengan merebus 1 sendok teh jahe parut atau cincang bersama dua cangkir air selama 10 menit. Saring, tuang ke cangkir dan tambahkan 1 sendok teh madu serta perasan jeruk nipis.



Simak Video "Kenali Arti Warna-warni Buah dan Sayur"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)