8 Tips Diet Sehat yang Bisa Turunkan BB & Bikin Terlihat Lebih Langsing

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 05 Nov 2020 17:27 WIB
ilustrasi diet Ilustrasi Diet Sehat / Foto: iStock
Jakarta -

Diet sehat adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badanmu agar tetap stabil. Agar diet yang kamu lakukan tidak mempengaruhi kondisi kesehatanmu maka kamu perlu cermat dalam memilih diet apa yang akan dijalankan.

Agar berat badan tetap terjaga, kamu perlu mengonsumsi makanan yang memiiliki kalori sesuai dengan yang kamu butuhkan. Mengonsumsi makanan atau minuman melebihi yang dibutuhkan oleh tubuhmu dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Hal itu karena energi dalam tubuh yang tidak kamu gunakan akan tersimpan sebagai lemak. Sebaliknya, jika kamu makan dan minum hanya sedikit maka kamu bisa mengalami penurunan berat badan.

Seperti dikutip dari Nhs.uk, jumlah kalori yang dibutuhkan oleh pria adalah 2.500 kalori setiap harinya. Sedangkan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh wanita cenderung lebih sedikit, yaitu sekitar 2.000 kalori per hari.

Saat ini ada beragam cara melakukan diet yang bisa diikuti. Namun perlu diingat bahwa belum tentu semua cara-cara diet tersebut sehat. Agar tidak salah, berikut ini 8 tips diet sehat yang bisa menurunkan berat badan dan membuat tubuh jadi lebih langsing.

1. Pilih Makanan Karbohidrat yang Berserat Tinggi

Cara pertama untuk melakukan diet sehat adalah dengan memilih makanan karbohidrat yang memiliki kandungan serat tinggi. Pastikan juga bahwa kamu hanya mengonsumsi sepertiga makanan karbohidrat bertepung dari makanan yang kamu makan. Kamu bisa memilih karbohidrat berserat tinggi seperti pasta gandum utuh, nasi merah, atau kentang dengan kulitnya. Makanan-makanan tersebut bisa membantumu merasa kenyang lebih lama.

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan cara memasaknya, apa saja yang kamu tambahkan saat menyajikannya. Seperti menambahkan mentega, minyak, krim, dan sebagainya yang dapat meningkatkan kandungan kalorinya.

2. Diet Sehat dengan Banyak Mengonsumsi Sayur dan Buah

Cutting vegetablesDiet sehat dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah. Foto: Getty Images

Mengonsumsi setidaknya lima porsi berbagai macam buah dan sayur setiap hari sangat direkomendasikan. Kamu bisa menjadikan buah dan sayur untuk sarapan atau camilan tengah harimu. Untuk seporsi buah dan sayuran segar, kalengan atau beku adalah 80 kg. Seporsi buah kering adalah 30 kg dan segelas jus buah atau sayur adalah sekitar 150 ml. Namun khusus untuk jus, kamu perlu membatasi hanya 1 gelas per hari. Hal itu karena minuman tersebut manis dan dapat merusak gigimu.

3. Diet Sehat dengan Konsumsi Ikan

Agar diet yang dilakukan dapat bermanfaat baik bagi tubuh, konsumsilah banyak ikan, termasuk ikan berlemak. Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin serta mineral. Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya 2 porsi ikan seminggu, termasuk 1 porsi ikan berlemak. Ikan berlemak seperti salmon, trout, haring, sarden, dan ikan kembung memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dan dapat membantu mencegah penyakit jantung. Kebanyakan orang disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak ikan, tetapi ada batasan untuk beberapa jenis ikan.

4. Kurangi Makanan Mengandung Lemak Jenuh dan Gula

Lemak jenuh memang dibutuhkan oleh setiap orang, namun hanya dalam jumlah yang sedikit. Walaupun demikian, penting untuk memperhatikan jumlah dan jenis lemak yang dikonsumsi. Terdapat dua jenis lemak, yaitu jenuh dan tidak. Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah dan risiko penyakit jantung.

Rata-rata pria tidak boleh mengonsumsi lebih dari 30 gram lemak jenuh sehari, sedangkan wanita 20 gram. Lemak jenuh sendiri bisa ditemukan di berbagai macam makanan seperti sosis, mentega, keju, krim, kue, biskuit, dan pai. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti minyak sayur atau zaitun, alpukat, dan ikan berlemak.

Selain itu kamu juga perlu mengurangi konsumsi gula di makanan atau minumanmu. Terlalu banyak konsumsi gula dapat meningkatkan risiko obesitas dan kerusakan gigi.

5. Diet Sehat dengan Kurangi Garam

Makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah. Hal itu dapat memicu penyakit jantung atau stroke. Sebaiknya konsumsi garam tidak lebih dari 6 gram per hari untuk orang dewasa.

Sekitar tiga perempat garam yang kamu konsumsi biasanya memang sudah terkandung di dalam makanan yang kamu beli. Seperti sereal, sup, roti, atau saus. Untuk membantumu mengurangi jumlah asupan garam, kamu bisa melihat label keterangan makanan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.

6. Aktif Bergerak dan Berolahraga

Ilustrasi OlahragaDiet sehat dengan aktif bergerak dan berolahraga. Foto: shutterstock

Untuk menjalankan diet sehat pastinya perlu disertai dengan olahraga dan aktif bergerak. Tidak hanya dengan membatasi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh saja. Orang yang memiliki kelebihan berat badan berisiko lebih tinggi untuk terkena diabetes, kanker, serangan jantung, dan struk. Namun tak hanya itu saja, terlalu kurus juga bisa berdampak bagi kesehatan. Jadi jika kamu ingin menurunkan berat badanmu maka kamu juga perlu untuk tetap aktif bergerak dan berolahraga.

7. Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, disarankan untuk minum sebanyak 6 sampai 8 gelas per hari. Kamu bisa mengonsumsi air putih, susu rendah lemak dan minuman rendah gula, termasuk teh dan kopi. Cobalah untuk menghindari minuman bersoda karena memiliki kalori yang cukup tinggi. Selain itu minuman tersebut juga bisa memberikan dampak buruk untuk gigimu.

8. Jangan Melewatkan Sarapan

Beberapa orang berpikir bahwa melewatkan sarapan bisa membantu mereka untuk menurunkan berat badan. Namun sesungguhnya sarapan sehat yang tinggi serat dan rendah lemak dapat membantumu memperoleh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Itulah mengapa sarapan penting untuk dimasukkan ke dalam daftar diet sehat yang kamu lakukan.

(vio/vio)