15 Makanan Tinggi Protein Rendah Karbohidrat

Lukita Wardani - wolipop Selasa, 03 Nov 2020 18:06 WIB
Salmon makanan tinggi protein rendah karbohidrat. Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy Salmon makanan tinggi protein rendah karbohidrat. Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy
Jakarta -

Bagi kamu yang baru memulai diet dengan mengurangi karbohidrat dan memilih mengonsumsi protein, bisa jadi bingung, apa saja makanan yang tinggi protein rendah karbohidrat? Makanan tinggi protein bukan hanya baik untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan, tapi juga yang ingin menjalani hidup sehat.

Berikut 15 makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat:

1. Udang

Udang merupakan sumber protein tanpa lemak dan hampir bebas karbohidrat. Warna merah jambu yang didapat oleh udang bersumber dari antioksidan yang disebut astaxanthin juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan jantung. Satu porsi udang atau 100 gram mengandung 160 kalori, 1,7 gram lemak, 1 gram karbohidrat, 0 gram serat, 148 mg natrium, 0 gram gula dan 20 gram protein.

2. Almond Butter

Menurut Alex Lewis seorang ahli diet untuk Baze, selai kacang almond termasuk makanan rendah karbohidrat namun tinggi protein dan lemak. Almond butter bisa menjadi camilan yang enak juga memberikan variasi bagi penyuka selai kacang.

Selain itu juga almond butter dapat dicampur dengan makanan kesukaan seperti roti, yoghurt tanpa pemanis dan makanan berprotein tinggi lain. Per 2 sendok makan almond butter mengandung: 190 kal, 17 g lemak, 6 g karbohidrat, 4 g serat, 0 g gula, 0 mg sodium, 7 g protein

3. Tempe

Tempet termasuk makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat. Tempe terbuat dari kedelai fermentasi yang dimasak dan dikemas menjadi bentuk bata padat. Selain tempe, tahu juga merupakan sumber protein. Keduanya mengandung probiotik (bakteri sehat) dan banyak serat. Per 4 ons tempe mengandung: 230 kal, 8 g lemak, 16 g karbohidrat,12 g serat,

4. Tahu

Tahu adalah sumber protein murah yang sangat serbaguna dan bisa menjadi alternatif yang bagus untuk pengganti daging. Tahu juga memiliki umur simpan yang lama, jadi bisa menjadi pilihan yang bagus untuk disimpan di lemari es ketika kamu menginginkan protein yang cepat dan mudah untuk makanan kamu. Per ½ cangkir porsi tahu mengandung: 181 kal, 11 g lemak, 4 g karbohidrat , 0 g gula, 18 mg sodium, 3 g serat, 22 g protein

Resep tahu TempeTempe dan tahu makanan tinggi protein rendah karbohidrat. Foto: dok. detikFood

5. Salmon


Jika kamu menjalani diet tinggi protein dan rendah karbohidrat, ikan adalah teman terbaik kamu. Ikan adalah protein penguat otak, dan ikan berlemak, khususnya, membantu mendapatkan asam lemak omega-3 esensial yang penting untuk arteri yang sehat, mengurangi peradangan, dan otak yang sehat. Hal tersebut dikatakan oleh Maggie Moon, RDN, seorang ahli diet dan penulis The Mind Diet. Per porsi 3 ons salmon mengandung: 177 kal, 11 g lemak, 50 mg natrium, 0 g karbo, 0 g gula, 0 g serat, 17 g protein.

6. Seitan


Jika kamu vegetarian dan ingin mencoba diet rendah karbohidrat dan tinggi protein, seitan adalah suatu keharusan. Seitan terbuat dari gandum yang merupakan protein gluten tersisa setelah tepung. Kamu dapat menggunakannya ke dalam tumisan, sandwich, atau lainnya. Jenis makanan ini memang cenderung tinggi natrium, jadi berhati-hatilah untuk menambahkan banyak garam ekstra ke dalamnya. Per porsi 2,5 ons seitan mengandung: 90 kal, 1 g lemak, 4 g karbohidrat, 2 g gula, 340 mg sodium, 1 g serat, 17 g protein.

dada ayamDada ayam makanan tinggi protein rendah karbohidrat. Foto: iStock

7. Dada Ayam

Dada ayam tanpa kulit adalah salah satu sumber protein tanpa lemak. Dada ayam merupakan makanan yang rendah lemak jenuhnya dibandingkan dengan daging lainnya, Per porsi 3 ons dada ayam mengandung: 140 kal, 3 g lemak, 0 g karbohidrat, 0 g gula, 63 mg sodium, 0 g serat, 26 g protein.

8. Asparagus


Asparagus memiliki nutrisi seperti vitamin K, antioksidan, dan protein. Cara memasak makanan tinggi protein rendah karbohidrat ini bisa dengan dipanggang dengan sedikit minyak zaitun atau keju, atau tambahkan ke tumis dengan daging atau tahu. Per ½ cangkir porsi asparagus mengandung: 27 kal, 0 g lemak (0 g sat), 5 g karbohidrat (2.2 g netto), 2.5 g gula, 3 mg sodium, 2.8 g serat, 3 g protein.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cerita Gracia Indri Turunkan Berat Badan hingga 23 Kg"
[Gambas:Video 20detik]