Ini Cara Olahraga yang Benar untuk Menambah Imun Tubuh Sesuai Riset

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 02 Okt 2020 07:30 WIB
Lets take a picture for social network! Close up portrait of beautiful sportive cute gentle tender mother and daughter wearing sporty clothes making video call via internet connection Ilustrasi Olahraga untuk Daya Tahan Tubuh / Foto: Istock
Jakarta -

Banyak orang yang pasti sudah tahu bahwa olahraga memiliki dampak yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Namun bagaimana dengan olahraga untuk daya tahan tubuh? Apakah olahraga bisa membantu untuk mencegah infeksi virus Corona? Pertanyaan tersebut yang mungkin masih sering muncul.

Seperti dikutip dari Runner's World, aktivitas fisik seperti berolahraga sebenarnya sangat bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan imunitas tubuh yang baik, pastinya virus dan penyakit tidak akan mudah menyerang tubuhmu. Hanya saja jangan sampai kamu berolahraga dengan terlalu berlebihan. Lalu bagaimana cara olahraga untuk daya tahan tubuh yang baik?

Berdasarkan artikel dalam Journal of Sport and Health Science, obesitas dan kurangnya aktivitas fisik dapat melemahkan fungsi sistem imun tubuh. Tetapi sebaliknya, banyak bergerak dan menjalankan pola hidup sehat justru dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit pernapasan.

Menurut penelitian dalam jurnal tersebut ditemukan bahwa berjalan cepat selama 30 sampai 60 menit setiap harinya dapat membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap kuman. David Nieman, Dr.PH., profesor kesehatan di Appalachian State University yang menulis jurnal tersebut mengatakan bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan aktivitas pengawasan sistem kekebalan.

Hal itu dikarenakan berolahraga akan meningkatkan pertukaran sel darah putih yang penting antara jaringan perifer, yang membantu respon kekebalan tubuh dan sirkulasi darah. Menurut Nieman, hal itu akan membantu meningkatkan aktivitas sel kekebalan dalam darah untuk mencari virus.

Walaupun saat ini belum ada cukup banyak penelitian yang meneliti antara hubungan berolahraga dengan infeksi virus Corona, namun yang dapat dipastikan adalah dengan mengikuti gaya hidup sehat dan banyak bergerak dapat meningkatkan peluang untuk pulih dari infeksi saluran pernapasan bagian atas. Hal itu dijelaskan oleh Nieman. Namun di sisi lain, terlalu banyak berolahraga juga ternyata dapat melemahkan fungsi sistem kekebalan.

"Latihan berlebihan yang menyebabkan kelelahan kronis, penurunan kinerja, dan gangguan mood dapat menurunkan fungsi kekebalan, sehingga meningkatkan peluang terjadinya infeksi saluran pernapasan," kata Nieman.

Nieman menjelaskan bahwa setiap orang memiliki batasan berolahraga yang berbeda-beda. Yang jelas dirinya memperingatkan agar tidak terlalu memaksakan diri ketika berolahraga. Seperti berolahraga tanpa istirahat dan pemulihan, karena pada akhirnya justru dapat menyebabkan kelelahan kronis, penurunan kinerja, serta gangguan mood yang dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

"Saya merekomendasikan untuk menjaga latihan olahraga pada tingkat normal sampai pandemi ini terkendali," jelas Nieman.

Selain dengan olahraga untuk daya tahan tubuh, Nieman juga kembali memperingatkan untuk mengonsumsi makan-makanan bergizi dan menerapkan gaya hidup sehat. Jika sebelumnya kamu belum pernah melakukannya, maka saat ini cobalah untuk membuat perubahan yang sehat dalam hidupmu. Selamat mencoba!

(vio/vio)