Ini Jenis Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imun, Bantu Cegah COVID-19

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 30 Mar 2020 17:30 WIB
Turmeric golden milk latte with spices and honey. Detox, immune boosting, anti inflammatory healthy cozy drink. Female hands holding a cup Foto: iStock/Tanaman Herbal untuk Meningkatkan Imun, Bantu Cegah COVID-19
Jakarta -

Sejak pandemi virus corona menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia, beberapa tanaman herbal laris manis karena dipercaya dapat mencegah COVID-19. Bagaimana tanaman herbal bisa mencegah COVID-19?

Tanaman herbal dapat mencegah COVID-19 karena dengan mengonsumsinya bisa meningkatkan kekebalan imun secara alami. Tanaman herbal yang bisa menangkal virus corona ini pun populer dengan nama empon-empon. Empon-empon terdiri dari temulawak, jahe, kunyit, kencur, dan sereh. Istilah empon-empon viral setelah disebutkan oleh guru besar biologi molekuler dari Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom.

"Jadi sebetulnya untuk menghadapi saat ini (virus Corona), yang sederhana untuk menekan badai sitokin ada yang namanya kurkumin itu terdapat pada jahe, kunyit, temulawak yang buat bumbu masak dan minuman segar itu yang bisa menghambat badai sitokin," kata Chaerul saat berkunjung ke kantor Transmedia di Surabaya, baru-baru ini.



Jahe yang disebutkan Chairul, seperti dikutip dari MedicalNewsToday, memilki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antivirus sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Sedangkan kunyit mengandung curcumin yang berfungsi sebagai anti peradangan, anti virus, antioksidan, dan juga anti jamur. Dan kencur dapat menjadi obat tradisional untuk atasi batuk .

Bagaimana mengolah aneka tanaman herbal itu agar dapat mencegah COVID-19? Penulis buku Jurus Sehat Rasulullah dr Zaidul Akbar memapaparkan di akun Instagramnya resep yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. "Minuman penguat stamina dan imun," begitu dr Zaidul Akbar menulis di Instagramnya @zaidulakbar.

Dalam resep dr Zaidul Akbar, tanaman herbal yang dapat mencegah COVID-19 yang diolah menjadi minuman adalah kunyit, kayu secang, jeruk nipis dan lengkuas.

Berikut resep lengkap minuman penguat stamina dan imun dengan memakai tanaman herbal menurut dr Zaidul Akbar:
- 1-2 telunjuk kunyit
- 1 jempol besar lengkuas
- 5-7 lembar secang
- 1/2 - 1 buah jeruk nipis
- 300 ml air.

[Gambas:Instagram]



Cara membuat:
Iris atau parut kunyit, lengkuas, lalu rebus beserta secang selama 2-3 menit. Setelah hangat tambahkan perasan jeruk nipis dan madu. Jika memiliki darah rendah bisa tambahkan seujung sendok garam himalaya. Minum 1-2 kali sehari sebelum makan.

Bagaimana kamu tertarik mencoba resep minuman dari tanaman herbal yang bisa meningkatkan sistem imun ini?




Simak Video "Patricia Gouw Dibikin Kaget dengan Protokol Covid-19 di Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)