8 Vitamin dan Suplemen untuk Lawan Corona, Jaga Imun Tubuh

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 01 Okt 2020 06:00 WIB
ilustrasi minum vitamin Ilustrasi Minum Vitamin / Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Vitamin untuk lawan Corona saat ini cukup penting guna membantu memperkuat daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, virus dan penyakit tidak akan mudah menginfeksi dan menyerang tubuh. Selain dengan mengonsumsi vitamin, memiliki gaya hidup yang sehat juga sama pentingnya.

Seperti dikutip dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa melengkapi tubuh dengan vitamin, mineral, herbal, dan zat tertentu lainnya dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh sehingga tubuh akan lebih terlindung dari penyakit. Berikut ini beberapa vitamin untuk lawan Corona yang dapat kamu konsumsi.

1. Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin D dapat larut dalam lemak dan berfungsi untuk melawan patogen dari monosit dan makrofag, sel darah putih yang merupakan bagian penting dari pertahanan kekebalan tubuh. Selain itu vitamin D juga dapat membantu mengurangi peradangan. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan peningkatan risiko infeksi saluran pernapasan bagian atas, termasuk influenza dan asma alergi.

2. Vitamin C

Ilustrasi Vitamin CIlustrasi Vitamin C Foto: shutterstock

Vitamin C adalah vitamin yang paling penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Faktanya, kekurangan vitamin C dapat membuatmu lebih rentan terserang virus dan penyakit. Untuk memenuhi asupan vitamin C pada tubuh, kamu bisa mengonsumsi beberapa buah dan sayur yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, strawberry, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli. Selain itu kamu juga perlu tahu bahwa vitamin C adalah salah satu vitamin yang tidak diproduksi oleh tubuh sehingga kamu perlu memenuhinya dari luar. Untungnya, vitamin C untuk lawan Corona ini terdapat pada banyak jenis makanan sehingga kamu tidak perlu lagi mengonsumsinya dari suplemen vitamin C.

3. Zinc

Zinc dibutuhkan untuk perkembangan sel kekebalan tubuh dan berperan penting dalam merespon inflamasi atau peradangan. Kekurangan zinc dapat mempengaruhi kemampuan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi serta pneumonia. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi vitamin yang mengandung zinc dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan. Namun pastikan bahwa kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang sesuai, yaitu di bawah 40 mg, karena mengonsumsi zinc dalam dosis berlebihan justru dapat meningkatkan risiko infeksi.

4. Elderberry

Dalam sebuah penelitian, ekstrak elderberry menunjukkan potensi anti bakteri dan anti virus yang kuat terhadap patogen. Selain itu, elderberry juga terbukti dapat meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh dan dapat mempercepat penyembuhan pilek dan gejala infeksi virus. Elderberry hitam sendiri atau yang juga disebut sambucus nigra telah lama digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan infeksi.

5. Jamur Obat

Jamur obat telah digunakan sejak zaman kuno untuk mencegah dan mengobati infeksi dan penyakit. Ada Lebih dari 270 spesies jamur obat yang diketahui memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti cordyceps, lion's mane, maitake, shitake, reishi, dan turkey tail yang sudah terbukti manfaatnya bagi kekebalan tubuh. Mengonsumsi vitamin yang mengandung jamur obat dapat mengurangi asma serta infeksi paru-paru.

6. Bawang Putih

Bawang putihBawang putih Foto: Getty Images/Robert Daly

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan antivirus yang kuat. Selain itu, bawang putih juga sudah terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dengan cara merangsang sel darah putih pelindung seperti sel makrofag.

7. Vitamin B Kompleks

Vitamin B, termasuk B12 dan B6, sangat penting untuk respon imun yang sehat. Namun sayangnya banyak orang dewasa kekurangan vitamin tersebut. Akibatnya hal itu dapat berdampak negatif pada kesehatan kekebalan tubuhnya.

8. Propolis

Vitamin untuk lawan Corona yang tak kalah penting adalah propolis. Propolis merupakan vitamin yang diproduksi oleh lebah madu. Propolis dipercaya memiliki efek yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga memiliki sifat anti virus.

(vio/vio)