Cara Senam Kegel Sederhana untuk Merapatkan Miss V

Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 22 Agu 2020 14:30 WIB
Portrait of serious young Caucasian woman wearing sportswear doing abdominal exercise lying on mat in gym Cara melakukan senam kegel untuk merapatkan Miss V. Foto: Getty Images/iStockphoto/MangoStar_Studio
Jakarta -

Banyak yang tidak mengetahui arti, cara dan manfaat dari senam kegel itu sendiri. Senam kegel jika rutin dilakukan dipercaya bisa merapatkan Miss V atau membuat otot area Miss V menjadi lebih kencang. Bagaimana cara senam kegel sederhana untuk merapatkan Miss V?

Dikutip dari healthline arti senam kegel adalah latihan menjepit dan melepaskan secara sederhana yang dilakukan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul. Panggul adalah area di antara pinggul yang menahan organ reproduksi kamu. Dasar panggul yang lemah dapat menyebabkan masalah seperti ketidakmampuan untuk mengontrol usus atau kandung kemih kamu.

Senam kegel dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja mau sendiri di dalam rumah atau di bersama-sama di tempat olahraga. Lalu seberapa penting senam kegel untuk pria dan wanita? Jawabannya, senam kegel menguntungkan bagi keduanya. Banyak faktor yang bisa melemahkan dasar panggul wanita seperti kehamilan, persalinan, penuaan, dan penambahan berat badan.

Otot dasar panggul menopang rahim, kandung kemih, dan usus besar. Jika otot lemah, organ panggul ini bisa turun ke dalam vagina wanita. Selain sangat tidak nyaman, hal ini juga dapat menyebabkan inkontinensia urine.

Pria juga mungkin mengalami melemahnya otot dasar panggul seiring bertambahnya usia. Hal ini dapat menyebabkan inkontinensia urin dan feses, terutama jika pria tersebut telah menjalani operasi prostat.

Cara melakukan senam kegel untuk merapatkan Miss V, pertama kamu harus temukan otot dasar panggul, karena ini bisa menjadi rumit. Salah satu caranya ialah dengan menempatkan jari bersih ke dalam vagina dan mengencangkan vagina di sekitar jari kamu atau bisa juga dengan mencoba menghentikan aliran urine di tengah. Otot yang digunakan untuk melakukan senam kegel adalah otot dasar panggul, rasakan saat berkontraksi dan rileks.

Tapi jangan sengaja melakukan penghentian aliran urine ya karena bisa meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Sebelum melakukan senam kegel lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Mereka mungkin akan merekomendasikan cara-cara untuk menemukan otot yang tepat.

Young sporty attractive woman doing toning pilates exercise for abs, balance Paripurna Navasana pose with pilates magic circle in hands, working out wearing sportswear, indoor full length, yoga studioCara senam kegel untuk merapatkan Miss V. Foto: iStock

Pelatihan biofeedback juga bisa sangat berguna dalam membantu mengidentifikasi dan mengisolasi otot dasar panggul kamu. Dalam prosedur ini, dokter akan memasukkan probe kecil ke dalam vagina atau memasang elektroda perekat di bagian luar vagina atau anus. Kamu akan diminta untuk mencoba melakukan kegel. Sebuah monitor akan menunjukkan apakah mengontrak otot yang benar dan berapa lama kamu mampu menahan kontraksi.

Kalau untuk pria cara menemukan otot dasar panggul salah satunya dengan memasukkan jari ke dalam rektum dan mencoba meremasnya - tanpa mengencangkan otot perut, bokong, atau paha.Trik bermanfaat lainnya adalah mengencangkan otot-otot yang menahan Anda untuk mengeluarkan gas. Jika masih ragu konsultasikan kepada dokter.

Cara Senam Kegel Sederhana

Cara melakukan senam kegel sederhana untuk merapatkan Miss V ialah pertama mulai regangkan otot-otot di dasar panggul selama tiga hitungan, kemudian kendurkan selama tiga hitungan. Teruskan sampai kamu menyelesaikan 10 pengulangan. Selama beberapa hari berikutnya, berlatih sampai kamu dapat menahan otot tegang selama 10 hitungan. Lakukan tiga set 10 pengulangan setiap hari.

Menurut Mayo Clinic, latihan senam kegel mungkin membutuhkan waktu selama beberapa bulan untuk memberikan efek pada inkontinensia urin. Efek senam kegel juga bekerja secara berbeda untuk setiap orang. Beberapa orang menunjukkan peningkatan besar dalam kontrol otot dan kontinensia urin. Namun, senam kegel dapat mencegah kondisi kamu menjadi lebih buruk.

Tapi perhatikan ya jika kamu merasakan sakit di bagian perut atau punggung setelah selesai senam kegel berarti itu ada gerakan yang tidak benar. Satu hal lagi jangan melakukan secara berlebihan karena melatih otot terlalu keras mengakibatkan otot menjadi lelah dan tidak dapat memenuhi fungsi yang diperlukan.

(eny/eny)