5 Cara Alami untuk Memperlambat Penuaan Pada Miss V

Hestianingsih - wolipop Rabu, 16 Mar 2016 18:41 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Penuaan tidak hanya terjadi pada wajah dan kulit, tapi juga area Miss V. Dijelaskan dokter estetika ginekolog Marco Pelosi, III, M.D., begitu menjelang menopause, kulit pada vagina mulai menipis, peredaran darah menuju vagina menurun dan otot pelvis melemah.

Peremajaan Miss V bisa dilakukan dengan prosedur operasi plastik untuk membuatnya terlihat dan terasa lebih muda. Namun ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghambat penuaan pada Miss V. Ini beberapa tipsnya seperti dikutip dari Shape.

1. Latihan Kegel
Senam kegel banyak dilakukan wanita untuk mengencangkan vagina, demi mendapatkan seks yang lebih berkualitas. Namun menurut Marco sebagian besar wanita salah dalam melakukan senam yang terfokus pada otot pelvis ini. Rata-rata dari mereka kurang lama menahan otot mereka.

"Kontraksikan (tahan) otot pelvis Anda selama lima detik, relaks, dan ulangi hingga 100 kali, tiga kali sehari. Kelihatan merepotkan? Anda bisa membuat kegel jadi lebih menyenangkan dengan melatihnya beberapa kali saat bercinta. Cara ini juga membuat pasangan Anda merasakan sensasi yang juga menyenangkan," ujar Marco.

2. Gunakan Bola Fitnes
Anda bisa berinvestasi untuk membuat otot vagina lebih 'prima' dengan membeli bola fitnes -semacam bola elastis dari karet. Latih otot Miss V Anda dengan duduk di atasnya selama 15 menit. Usaha untuk menahan posisi duduk di atas bola karet akan mendorong otot pelvis untuk berkontraksi tanpa Anda menyadarinya.

"Rasanya hampir seolah tidak ada yang terjadi, tapi ini merupakan cara yang efisien untuk menjaga kekencangan otot pelvis," kata Marco.

Baca Juga: 50 Inspirasi Busana untuk Kondangan

3. Kehidupan Seks Aktif
Hubungan seks memicu stimulasi dan meningkatkan peredaran darah ke area Miss V. Jika tidak mendapatkan stimulasi yang cukup, Karen Boyle, M.D., pakar dalam kesehatan seksual wanita dan peremajaan vagina mengatakan bisa terjadi perubahan pada jaringan dan otot Miss V.

Peredaran darah yang lancar, amat penting untuk memproduksi lubrikasi pada Miss V saat bercinta. Cairan pelumas alami ini akan berkurang seiring pertambahan usia dan agar produksinya tetap stabil, diperlukan stimulasi secara berkelanjutan, yaitu dengan cara aktif berhubungan seks secara rutin.

4. Gunakan Pembersih Kewanitaan yang Lembut
Menggunakan pembersih kewanitaan untuk menjaga Miss V sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Sebab, vagina bisa membersihkan dirinya sendiri asalkan Anda menjaga kebersihan dengan selalu mengganti pakaian dalam dan membasuhnya menggunakan air bersih setiap kali buang air kecil. Tapi jika Anda merasa tetap harus memakai pembersih, gunakan produk dengan formula lembut.

Saat menggosok bagian kewanitaan, lakukan dengan lembut karena kulit di area tersebut sangat tipis dan sensitif. "Jaringan kulit pada labia sangat sensitif. Ada wanita dengan kulit wajah yang sangat kering itu karena mereka menggunakan produk berlebihan yang menghilangkan kadar air dari sel. Hal itu juga bisa terjadi di bawah sana," jelas Marco.

5. Ganti Posisi Bercinta
Mengganti posisi seks secara berkala dengan pasangan tidak hanya menghindari kebosanan dalam bercinta. Tapi juga menjaga vagina tetap awet muda. Jika Anda dan suami terbiasa bercinta dengan gaya misionaris, maka sesekali ganti menjadi woman on top.

"Posisi selalu berada di bawah terkadang bisa menyebabkan peregangan. Kenapa? Karena pasangan Anda yang biasanya mengontrol ritme dan intensitas bercinta. Sedangkan ketika Anda di atas, Anda lah yang memegang kontrol dan lebih mudah melatih otot-otot pelvis ketika penetrasi," tutur Karen. (hst/hst)