7 Manfaat Senam Kegel Untuk Wanita dan Cara Melakukannya

Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 22 Agu 2020 08:29 WIB
Young sporty attractive woman doing toning pilates exercise for abs, balance Paripurna Navasana pose with pilates magic circle in hands, working out wearing sportswear, indoor full length, yoga studio Manfaat senam kegel dan cara melakukannya. Foto: iStock
Jakarta -

Senam kegel kerap menjadi bagian dari perbincangan di kalangan wanita. Namun banyak wanita yang masih belum yakin apa sebenarnya Kegel itu. Selain itu, banyak yang tidak menyadari banyak manfaat senam kegel bagi wanita untuk kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan.

Senam kegel menurut pakar seks Ava Cadell dapat mengatasi otot-otot Miss V yang kendur setelah melahirkan. Otot yang kendur ini bisa menyebabkan seks jadi kurang kenikmatannya.

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam kegel bagi yang belum pernah mencobanya memang akan terasa tidak mudah meski gerakannya simpel. Namun kamu bisa terus mencoba hingga kamu terbiasa melakukan gerakan kegel ini. Cara melakukan senam kegel yaitu cobalah gerakan Miss V seperti saat menahan buang air kecil agar otot vagina bergerak.

Agar maksimal, lakoni gerakan itu setidaknya dua kali sehari dengan 10 kali kontraksi setiap latihan dengan kondisi paha yang terbuka. Kamu akan merasakan manfaatnya setelah melakukan gerakan kegel ini minimal enam minggu.

Manfaat Senam Kegel Untuk Wanita

1. Senam Kegel Membuat Hubungan Seks Semakin Hebat Untuk Kamu dan Pasangan

Saat berhubungan seks, senam kegel membuat vagina terasa lebih kencang dan dapat membantu meningkatkan intensitas orgasme. Otot dasar panggul sangat penting dalam hal orgasme.

Mereka bertanggung jawab atas kontraksi menyenangkan yang dirasakan di alat kelamin saat orgasme terjadi. Saat otot dasar panggul sehat, orgasme lebih intens dan bertahan lebih lama. Wanita yang mengalami kesulitan mencapai orgasme mungkin mengalami kelemahan otot dasar panggul.

Melatih otot dasar panggul menghasilkan peningkatan aliran darah ke daerah panggul. Sirkulasi darah yang meningkat meningkatkan gairah seksual, lubrikasi, dan kemampuan orgasme.

Selain itu, dasar panggul yang kuat memungkinkan wanita untuk menggenggam pasangannya lebih erat selama penetrasi, yang seringkali lebih menyenangkan bagi pasangannya juga!

Otot dasar panggul yang fleksibel juga memungkinkan penetrasi vagina yang nyaman. Wanita yang mengalami penetrasi yang menyakitkan harus menemui terapis fisik panggul karena mereka mungkin mengalami vaginismus, yang merupakan kontraksi otot vagina yang seringkali menyakitkan.

Vaginismus adalah kondisi yang bisa disembuhkan, dan latihan yang baik bisa menghasilkan hubungan seksual yang menyenangkan tanpa nyeri panggul.

2. Senam Kegel Dapat Meningkatkan Kebugaran

Kebiasaan gaya hidup dari duduk dalam waktu lama, gerakan berulang, cedera, dan kehamilan dapat merusak tubuh kamu. Duduk dalam waktu lama dapat menyebabkan penurunan kondisi secara keseluruhan baik dalam kebugaran maupun kekuatan aerobik.

Peregangan otot perut selama kehamilan dapat melemahkan inti kamu. Membawa berat perut hamil dapat menarik pusat gravitasi ke depan dan menyebabkan nyeri punggung bawah. Hormon kehamilan menyebabkan ligamen kendur, membuat kecanggungan dan cedera lebih mungkin terjadi.

Selain itu, kenaikan berat badan biasa terjadi dalam kehidupan kerja yang sibuk, mengasuh anak, dan aktivitas sosial. Olahraga teratur dapat mengurangi beberapa efek dan membantu Anda kembali bugar lebih cepat setelah melahirkan.

Karena dasar panggul menjadi lebih lemah dengan waktu duduk yang lama, cedera pada pinggul, punggung bawah, atau panggul, juga selama persalinan, menambahkan latihan dasar panggul ke rutinitas latihan kamu menjadi sangat penting. Dasar panggul yang kencang dapat mengurangi risiko prolaps organ panggul, inkontinensia, dan nyeri saat berhubungan seksual.

Young sporty attractive woman doing toning pilates exercise for abs, balance Paripurna Navasana pose with pilates magic circle in hands, working out wearing sportswear, indoor full length, yoga studioIlustrasi manfaat anfaat senam kegel. Foto: iStock

3. Senam Kegel Membantu Kesehatan Pelvic Selama Menopause

Selama menopause, kadar estrogen yang berfluktuasi dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah di otot dasar panggul dan penurunan keseluruhan tonus otot.

Manfaat senam kegel untuk jaringan kamu yaitu memeras darah lama dan menarik darah segar untuk membantu proses restoratif dan penguatan.

4. Membantu Pemulihan Pasca Melahirkan

Apakah kamu melahirkan secara normal atau dengan operasi caesar, otot dasar panggul bisa menjadi lemah karena kehamilan. Kelemahan ini dapat diperburuk dengan persalinan pervaginam, yang dapat menyebabkan robeknya otot, dan kemungkinan episiotomi.

Kabar baiknya adalah bahwa otot-otot ini akan sembuh sama seperti otot lainnya, dan mereka akan merespons latihan Kegel dengan kekuatan yang lebih baik seperti halnya otot lain.

Kamu bisa mulai memperkuat dasar panggul sebelum hamil dan terus memperkuatnya selama kehamilan dengan melakukan senam kegel selama Anda tidak mengalami kontraksi pada rahim saat melakukannya. Jika sedang hamil, penting untuk mendiskusikan program olahraga dengan dokter kandungan yang dipercaya.

5. Mengurangi Pelvic Organ Prolapse (Pop)

Prolaps organ panggul (POP) adalah suatu kondisi di mana satu atau lebih organ panggul menekan ke dalam dinding vagina. Ini biasanya terjadi setelah otot dasar panggul atau ligamennya meregang atau melemah, seperti setelah kehamilan dan persalinan.

Wanita juga dapat mengembangkan POP dari angkat berat yang berkepanjangan untuk bekerja atau berolahraga dan dari kondisi yang lebih kronis seperti sembelit, periode batuk berat, atau obesitas. Prolaps organ panggul tidak mengancam nyawa, tetapi dapat menyebabkan rasa sakit, ketakutan, dan masalah pada kandung kemih atau usus. Hal ini juga dapat menyebabkan penurunan kenikmatan hidup secara keseluruhan.

Prolaps organ panggul adalah suatu kondisi yang ditandai dengan sensasi tekanan pada panggul atau vagina. Seringkali, organ yang turun bisa dirasakan dalam berbagai derajat dengan memasukkan jari ke dalam lubang vagina.

POP disebabkan oleh robek dan melemahnya otot dasar panggul itu sendiri atau tendon yang menahan organ. Diperkirakan 50% wanita yang pernah memiliki anak akan mengalami prolaps sampai batas tertentu.

Usia juga merupakan faktor dalam mengembangkan POP untuk 50% wanita yang berusia 50 tahun atau lebih.

Kabar baiknya adalah senam kegel dapat membantu memperkuat otot dasar panggul untuk mendukung organ panggul dengan lebih baik dan mengurangi prolaps. Tingkat prolaps yang rendah dapat disembuhkan sepenuhnya, dan tingkat prolaps yang sedang dapat dikurangi hingga tidak mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari.

6. Senam Kegel Dapat Menyembuhkan Kebocoran Kandung Kemih

Otot dasar panggul menopang kandung kemih, rahim, dan rektum. Ketika otot-otot ini tidak kuat dan terkoordinasi, kandung kemih dan leher kandung kemih kurang mendapat dukungan dan penutupan di sekitar sfingter. Ini dapat menyebabkan inkontinensia.

Stress urinary incontinence adalah kebocoran kandung kemih yang terjadi akibat gerakan berat seperti olahraga, mengangkat benda berat, atau saat batuk, bersin, atau tertawa. Kegel adalah obat terbaik untuk inkontinensia urin. Beli produk kegel premium terkemuka di industri kami dan hentikan kebocoran kandung kemih.

7. Membantu Melatih Otot Dasar Panggul

Otot dasar panggul merupakan komponen inti dalam, yaitu otot yang menopang batang tubuh dan pinggul. Otot-otot ini bekerja dalam koordinasi dengan lapisan dalam perut untuk menopang tulang belakang, dan mereka terhubung ke otot rotator pinggul bagian dalam untuk stabilitas pinggul.

Kekuatan dan koordinasi otot dasar panggul dapat mempengaruhi persendian panggul, tulang ekor, dan tulang belakang bagian bawah. Diperkirakan bahwa 38% wanita dengan kebocoran urin juga mengalami nyeri punggung bawah, dan senam kegel mengatasi kedua kondisi ini.

Nah, itulah tujuh dari sekian banyak manfaat senam kegel yang bisa didapat wanita. Semoga bermanfaat ya dan selamat mencoba senam kegel.



Simak Video "Kenali Arti Warna-warni Buah dan Sayur"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)