Jerawat di Dahi Artinya? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lukita Wardhani - wolipop Selasa, 07 Sep 2021 07:30 WIB
Jerawat di dahi artinya. Foto: iStock Jerawat di dahi artinya. Foto: iStock
Jakarta -

Jerawat bisa muncul dimana saja baik itu di sekitar wajah maupun tubuh. Dahi juga menjadi tempat jerawat kerap muncul. Lalu apa artinya jerawat di dahi?

Perubahan hormon, stres, dan kebersihan yang buruk adalah pemicu umum jerawat. Kondisi ini tidak menimbulkan risiko kesehatan yang serius, tetapi orang mungkin berpikir bahwa itu membuat penampilan tidak menarik dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Lalu apa yang menyebabkan jerawat di dahi dan bagaimana cara mengatasinya serta mencegahnya?

Jerawat dapat berkembang di mana saja di tubuh seseorang. Tetapi memang jerawat sering terjadi di wajah, bahu, punggung, dada, dan lengan.

Jerawat terjadi ketika kelenjar kecil tepat di bawah permukaan kulit tersumbat. Kelenjar ini yang dikenal sebagai kelenjar sebaceous, menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Mereka dapat tersumbat karena terlalu banyak sebum, sel kulit mati, atau bakteri. Ketika ini terjadi, kelenjar bisa meradang, dan jerawat berkembang.

Faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan jumlah sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Sebum ini meningkatkan kemungkinan timbulnya jerawat.

Penyebab Jerawat di Dahi

1. Perubahan hormonal

Jerawat sangat umum pada masa pubertas karena kadar hormon berfluktuasi secara signifikan selama periode ini. Perubahan hormonal ini dapat meningkatkan produksi sebum sehingga menjadi penyebab munculnya jerawat di dahi.

2. Kebersihan

Tidak mencuci rambut dan wajah secara teratur dapat menyebabkan timbunan minyak di dahi dan penyumbatan yang memicu timbulnya jerawat. Jadi kalau kamu memiliki rambut yang kotor dan malas keramas dapat menjadi penyebab jerawat di dahi.

3. Obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan jerawat sebagai efek samping. Contohnya termasuk steroid tertentu, antikonvulsan, barbiturat, atau litium.

4. Iritasi kulit

Menggunakan riasan di dahi atau memakai pakaian seperti topi, dapat mengiritasi dan memicu timbulnya jerawat. Sering menyentuh dahi juga bisa memperparah kulit dan memicu jerawat.

Setelah mengetahui penyebab jerawat di dahi, bagaimana cara mengobatinya dan mencegah agar tak muncul lagi? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2