5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 09 Nov 2020 19:30 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang punya jerawat di dahi Foto: Thinkstock
Jakarta -

Bruntusan di jidat yang disebabkan karena jerawat tentu saja sangat mengganggu. Selain mengganggu penampilan, bruntusan di jidat terkadang menimbulkan sensasi gatal dan perih. Simak beberapa cara dalam menghilangkan bruntusan di jidat.

Sebelum masuk ke cara menghilangkan bruntusan di jidat, sebaiknya ketahui dulu sejumlah penyebabnya. Sejumlah faktor memicu meningkatnya sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Kelenjar tersebut dapat meningkatkan jumlah jerawat dan bruntusan di kulit.

Beberapa faktor penyebab bruntusan di jidat di antaranya:

1. Perubahan hormonal: jerawat dan bruntusan di jidat biasanya terjadi saat masa pubertas karena tingkat hormon berfluktuasi secara signifikan pada masa tersebut.

2. Stres: ada keterkaitan antara stres dan timbulnya jerawat.

3. Kebersihan: tidak membersihkan rambut dan wajah secara rutin dapat memicu menumpuknya minyak dan kotoran di jidat. Kulit menjadi tersumbat dan memicu timbulnya bruntusan.

4. Rambut dan produk rambut: rambut dan produk rambut mempengaruhi bruntusan di jidat. Misalnya saja poni yang yang menutupi jidat atau pemakaian-pemakaian produk rambut yang mengandung minyak seperti gel atau wax.

Inilah 5 cara menghilangkan bruntusan di jidat:

Cara Menghilang Bruntusan di Jidat 1: Rutin Cuci Muka


Cuci wajah dua kali sehari. Gunakan sabun wajah dan bilas dengan air hangat. Saat bruntusan di jidat jangan scrub wajah karena akan memperparah kondisi jerawat. Setelah itu gunakan skincare yang untuk menghilangkan bruntusan.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat 2: Bahan-bahan untuk Merawat Bruntusan dan Jerawat


Gunakan perawatan wajah mulai dari sabun, krim wajah sampai serum yang difungsikan untuk perawatan jerawat. Bahan-bahan atau obat untuk menghilangkan bruntusan di jidat adalah benzoyl peroxide, salicylic acid sampai retinol. Kandungan ini menjadi cara paling efektif untuk menghilangkan bruntusan di jidat.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat 3: Gunakan Produk Skincare yang Berlabelkan 'Non Comedogenic'


Selain bahan-bahan skincare yang sudah disebutkan di atas, pemilihan skincare untuk menghilangkan bruntusan di dahi adalah dengan menggunakan skincare yang berlabelkan non comedogenic. Label tersebut artinya bahan-bahan skincare yang terkandung aman untuk kulit sensitif dan jerawat sehingga tidak menyumbat pori-pori.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat 4: Jangan Pakai Poni


Seperti yang sudah disebutkan di atas, poni berpengaruh terhadap timbulnya bruntusan di jidat. Untuk itu, jangan biarkan poni menjuntai di dahi. Gunakan jepit rambut dan bando untuk menahan poni. Selain itu, rutin keramas untuk menjaga kebersihan rambut.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat 5: Pakai Es Batu


Meski tidak membuat bruntusan langsung menghilang, namun es batu dapat meredakan inflamasi dan kemerahan yang terjadi saat kulit berjerawat. Kompres bruntusan di jidat dengan es batu, namun pastikan kulit wajah sudah dicuci bersih.

Itulah lima cara menghilangkan bruntusan di jidat. Hasilnya memang tidak langsung terlihat tapi jika rutin dilakukan setidaknya satu minggu sekali, kamu akan merasakan perubahannya.



Simak Video "Kisah Wanita yang Tampil Pede dengan Wajah Berjerawat"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)