Penyebab Muncul Jerawat di Dagu dan Cara Mencegahnya

Mega Wulandari - wolipop Jumat, 27 Mar 2020 05:30 WIB
jerawat Jerawat di dagu. Foto: iStock
Jakarta -

Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana saja, tak hanya di wajah tapi bisa juga di dagu. Munculnya jerawat di bagian dagu tentu akan mengurangi rasa percaya diri, karena mengganggu penampilan.

Jerawat merupakan suatu kondisi saat pori-pori kulit tersumbat lalu terkena paparan bakteri.

Berbagai hal bisa memicu munculnya jerawat di dagu, berikut di antaranya:

1. Perubahan Hormon

Umumnya jerawat bisa muncul di wajah karena adanya peningkatan jumlah hormon yang akan membuat kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebih. Hal tersebut menyebabkan pori-pori di wajah menjadi tersumbat lalu muncul jerawat.

Pada perempuan, biasanya hormon androgen meningkat saat memasuki masa pubertas dan menjelang menstruasi. Androgen adalah hormon yang bertugas menciptakan sebum atau minyak.

2. Malas Mencuci Wajah

Penyebab lain yang sering menimbulkan jerawat ialah malas membersihkan dan mencuci wajah. Kebersihan kulit wajah yang tidak terjaga membuat pori-pori tersumbat oleh minyak dan kotoran.

Jerawat di dagu.Jerawat di dagu. Foto: iStock

3. Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Kebiasaan mencukur jenggot yang dilakukan laki-laki dapat membuat rambut di sekitar dagu tumbuh ke dalam kulit. Hal tersebut akan menimbulkan benjol seperti jerawat.

Untuk mengatasi jerawat yang sudah muncul di dagu bisa melakukan perawatan seperti mengoleskan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat secukupnya. Kemudian, hindari memegang atau memencet jerawat agar tidak bertambah parah dan tidak meninggalkan bekas. Selain itu, kompres es dengan kain bersih ke area berjerawat selama 5 menit untuk mengurangi kemerahan. Terakhir, cuci wajah secara rutin.

Jerawat pada wajah terutama dagu dapat dicegah dengan beberapa hal, sebagai berikut:

1. Hindari Memegang Wajah

Pastikan kamu tidak menyentuh wajah dengan tangan atau jari secara berlebihan. Apalagi tangan dalam keadaan kotor. Kondisi tersebut bisa dengan mudah memindahkan kotoran yang ada di tangan ke wajah.

Jerawat di dagu.Jerawat di dagu. Foto: dok. thikstock

2. Rutin Membersihkan Wajah

Menjaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci wajah dapat mencegah timbulnya jerawat. Mencuci wajah baiknya dilakukan dua kali dalam sehari. Gunakan sabun pembersih wajah berbahan ringan dan bersihkan tangan terlebih dahulu. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan wajah sehabis menggunakan makeup atau skincare dengan benar.

3. Hindari Stres

Meminimalkan stres atau pemicu hormon lainnya dapat mencegah jerawat. Ketika seseorang mengalami stres, hormon dalam tubuh akan meningkat dan dapat mengganggu kesehatan kulit sehingga muncul jerawat di wajah.

Jerawat di dagu.Jerawat di dagu. Foto: iStock

4. Rutin Berolahraga

Untuk mencegah gangguan kesehatan pada kulit khususnya area wajah, kamu bisa melakukan olahraga secara rutin agar aliran darah pada tubuh dan wajah mengalir dengan baik.

5. Konsumsi Cairan dengan Baik

Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan baik dapat membuat tubuh terhidrasi sehingga kulit menjadi sehat dan bisa terhindar dari jerawat.



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)