7 Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Menghilangkannya

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 26 Jun 2020 15:10 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang punya jerawat di dahi Ilustrasi Penyebab Jerawat di Dahi / Foto: Thinkstock
Jakarta -

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang banyak dialami oleh orang-orang, mulai dari remaja hingga dewasa. Jerawat bisa timbul di permukaan kulit mana saja, seperti di pipi, dagu, ataupun dahi. Penyebab jerawat di dahi bisa karena beragam faktor.

Cara menghilangkannya juga tidak bisa hanya dalam semalam, dibutuhkan ketelatenan. Bisa dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran atau secara alami. Tetapi sebelum berusaha menghilangkan jerawat, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab dari jerawatmu tersebut.

Seperti dikutip dari Medical News Today, berikut ini 7 penyebab jerawat di dahi:

1. Perubahan Hormon

Penyebab jerawat di dahi yang pertama adalah karena perubahan hormon. Umumnya, jerawat sering dialami oleh orang-orang yang tengah memasuki masa pubertas. Hal itu dikarenakan orang yang tengah berada dalam fase pubertas memiliki kadar hormon yang berfluktuasi secara signifikan selama periode tersebut.

2. Stres

Faktor kedua yang juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di dahi adalah stres. Seperti dikutip dari Dermalogica, stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol dan minyak pada kulit wajah. Jika hal-hal tersebut kemudian bergabung dengan kulit mati dan bakteri maka akan menyebabkan jerawat. Saat kulit sedang stres, kulit juga akan kehilangan kemampuannya untuk melindungi dirinya sendiri.

3. Obat

ilustrasi minum obatBeberapa jenis obat-obatan dapat menjadi penyebab jerawat di dahi. Foto: iStock

Beberapa jenis obat-obatan dapat memicu timbulnya jerawat. Misalnya, obat-obatan yang mengandung steroid tertentu, antikonvulsan, berbiturat, atau lithium. Jerawat seperti pada dahi atau pipi bisa timbul sebagai akibat efek samping dari penggunaan obat-obatan tersebut.

4. Kebersihan

Tidak mencuci rambut secara teratur dapat menjadi penyebab jerawat di dahi. Rambut yang kotor dan menempel pada kulit akan membuat kulit mengalami penyumbatan dan berjerawat. Terutama bagi orang-orang yang memiliki gaya rambut dengan poni di bagian dahinya, mencuci rambut secara teratur tentu sangat disarankan agar terhindar dari jerawat di dahi.

5. Produk Perawatan Rambut

A portrait of a woman styling and drying her hairProduk perawatan rambut dapat menjadi penyebab jerawat di dahi. Foto: Thinkstock

Beberapa produk perawatan rambut, seperti gel, minyak, wax, atau yang lebih dikenal dengan pomade dapat menjadi penyebab jerawat di dahi. Jika kulit tidak cocok dengan produk tersebut maka pada akhirnya hal itu akan menimbulkan jerawat.

6. Iritasi Kulit

Faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat di dahi adalah iritasi kulit. Iritasi kulit dahi, seperti karena menggunakan topi dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, terlalu sering menyentuh dahi juga bisa memperparah iritasi tersebut. Hasilnya, jerawat akan tubuh di area sekitar dahimu.

7. Makeup

Penggunaan makeup dengan bahan-bahan tertentu, seperti makeup yang tidak cocok dengan kulit dapat menyebabkan iritasi dan jerawat. Oleh sebab itu pastikan terlebih dahulu bahan-bahan dari produk yang kamu gunakan tidak akan menimbulkan alergi, iritasi, atau jerawat di kulitmu.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi

Cara menghilangkan jerawat tentunya akan berbeda-beda, tergantung berapa tingkat keparahan jerawat yang dialami. Ada beberapa obat-obatan yang dijual bebas yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat di dahi. Berikut ini beberapa bahan yang biasanya ada di produk obat jerawat:

1. Benzoil Peroksida
2. Asam Salisilat
3. Retinol
4. Resorsinol

Tingkat keberhasilan dari obat penghilang jerawat itu juga beragam, tergantung dengan kondisi kulitmu, apakah kamu cocok menggunakannya atau tidak. Tentu saja proses penyembuhannya pun tidak bisa dalam waktu singkat, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Bagi pemilik jerawat dengan tingkat keparahan yang cukup tinggi, maka mungkin dibutuhkan perawatan dokter untuk menyembuhkannya. Biasanya dokter akan meresepkan obat untuk jerawat dahi, seperti kortikosteroid, antimikroba, antibiotik, retinoid, atau kontrasepsi kombinasi.

Selain obat-obatan di atas, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan natural untuk mengobati jerawatmu, seperti dengan menggunakan lidah buaya, minyak pohon teh, cuka apel, serta jus lemon atau jeruk nipis. Jika kamu rutin menggunakannya maka bukan tidak mungkin penyebab jerawat di dahi akan menghilang. Khusus bagi pemilik kulit sensitif, kamu mungkin harus berhati-hati saat menggunakannya.

Sebagai langkah pencegahan, hal utama yang dapat kamu lakukan untuk mengobati jerawat di dahi adalah dengan menjaga kebersihan. Baik kebersihan kulit wajah, tangan, rambut, maupun produk dan alat makeup yang digunakan.



Simak Video "Wow! Limbah Kulit Jagung Dibikin Jadi Bros Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)