ADVERTISEMENT

10 Makanan Rendah Kalori yang Tetap Bikin Kenyang Menurut Pakar

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 03 Jan 2023 05:00 WIB
Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan Makanan rendah kalori yang mengenyangkan.

Jakarta -

Ingin mencoba diet dengan mulai mengonsumsi makanan rendah kalori? Yuk simak daftar makanan rendah kalori sesuai saran pakar diet.

Makanan rendah kalori bisa membantu menurunkan berat badan. Namun itu hanya satu bagian dari program diet karena perlu diimbangi dengan olahraga serta pengaturan pola makan.

"Kalori bukanlah segalanya dan hanya karena makanan rendah kalori tidak berarti itu sehat," kata Stefani Sassos, MS, RDN, CDN, Deputy Director dari Good Housekeeping Institute Nutrition Lab, mengutip Good Housekeeping.

Meski demikian, makanan rendah kalori tetap menjadi pilihan para pelaku diet. Bagus memang jika diimbangi dengan praktek kesehatan lainnya.

Jika kamu berpikir makanan rendah kalori akan kurang mengenyangkan maka itu salah kaprah. Ada beberapa makanan rendah kalori yang bisa membuatmu tetap kenyang menurut ahli gizi.

Berikut ragam makanan rendah kalori yang tetap bikin kenyang:

Diet 20/20, Pola Diet yang Sarankan Konsumsi 20 Makanan SuperMakanan rendah kalori. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

1. Greek Yogurt

Greek yogurt merupakan sumber protein, probiotik, kalsium, dan masih banyak lagi. Greek yogurt termasuk makanan rendah kalori dan bebas lemak.

Berdasarkan United States Department of Agriculture (USDA), fakta nutrisi untuk satu porsi greek yogurt (150 gram) tanpa lemak mengandung 90 kalori, 0g lemak, 49g sodium, 6g karbohidrat, 0g serat makanan, 6g gula, 15g protein.

2. Berry

Semua buah berry bergizi, termasuk raspberry, strawberry, blueberry, dan blackberry memiliki jumlah serat tertinggi dan jumlah gula terendah, serta tentu saja semuanya enak. Ini termasuk makanan rendah kalori yang mengenyangkan.

3. Telur

Telur secara tidak langsung dapat mengurangi keinginan akan mengonsumsi makanan yang kurang sehat dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Telur mengandung protein tanpa lemak dan menjadi makanan rendah kalori yang baik.

"Telur termasuk sumber protein yang ramah anggaran untuk ditambahkan ke hampir semua makanan dan mengandung berbagai nutrisi bermanfaat termasuk kolin dan vitamin D yang keduanya sulit ditemukan di makanan lain," papar Sassos.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan rendah kalori yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan termasuk peningkatan bakteri usus dan mengandung anti-inflamasi.

5. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak (termasuk potongan daging merah tanpa lemak) adalah sumber protein yang bagus, makanan rendah kalori, dan lemak. Daging tanpa lemak bisa menjadi bagian penting dari pola makan yang sehat dan seimbang.

"Daging tanpa lemak tidak hanya kaya protein, tapi juga merupakan sumber protein yang lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh kita dan harus berasal dari makanan," kata Sassos.

(eny/eny)