10 Snack untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 15 Jan 2022 08:00 WIB
Asian woman in joyful postures with hand holding salad bowl Foto: Getty Images/iStockphoto/amenic181
Jakarta -

Menjalani diet bukan berarti harus menghilangkan kebiasaan ngemil. Snack untuk diet pun punya rasa yang enak dan bisa mengganjal perut di sela-sela jam makan sehingga kamu tidak perlu kelaparan.

Faktanya diet untuk menurunkan berat badan bukan berarti harus mengurangi jam makan. Para pakar diet menyarankan agar kamu tetap makan lima kali sehari, yang terdiri dari 3 kali makan besar dan 2 kali camilan.

Namun perlu diperhatikan jenis snack untuk diet yang aman dikonsumsi dan kaya nutrisi. Hal ini penting untuk menjaga energi tetap stabil seharian.

"Makan dengan porsi lebih kecil dan sering tidak hanya membuat Anda berenergi dan lebih fokus, tapi juga membantu metabolisme tubuh bekerja maksimal jadi kalori juga terus terbakar," terang nutritionist Brigitte Zeitlin, M.P.H., R.D., C.D.N., seperti dikutip dari Self.

Ini snack untuk diet yang rendah kalori namun kaya nutrisi:

1. Kacang-kacangan

ilustrasi kacangIlustrasi kacang. Foto: iStock

Satu ons kacang-kacangan seperti almond, mede, kacang tanah, walnut atau pistachio sangat baik sebagai snack untuk diet sekaligus membantu memenuhi kebutuhan protein harian. Satu ons kacang-kacangan tinggi akan protein, serat dan lemak. Camilan ini bisa dinikmati di sela waktu antara sarapan dan makan siang.

2. Roti Gandum

Tips Memilih Roti Gandum yang Sehat dan Cocok Buat DietRoti Gandum. Foto: Getty Images/fcafotodigital

Selembar roti gandum dengan irisan alpukat, olesan keju atau selai kacang tidak hanya lezat disantap tapi juga rendah kalori dan sehat. Roti gandum yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks, dipadu dengan olesan mengandung lemak serta protein akan menyediakan nutrisi yang cukup dan perut terasa kenyang hingga jam makan siang.

3. Apel dengan Selai Kacang

Yoona SNSD Suka Kombinasi Apel dan Selai KacangApel dan Selai Kacang. Foto: iStock

Buah sangat disarankan sebagai camilan sore. Kamu bisa makan apel atau pisang dengan olesan selai kacang sebagai tambahan protein.

Tapi karena selai kacang mengandung kalori serta kolesterol tinggi, batasi konsumsinya hanya satu sendok makan sekali makan.

4. Edamame

Edamame is one of the popular Japanese cuisineEdamame. Foto: iStock

Edamame direkomendasikan pakar nutrisi sebagai camilan sehat yang bisa disantap setiap hari. Terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Nutritionist asal Inggris, Shona Wilkinson mengatakan bahwa edamame bisa jadi camilan sehat dengan cara dikukus, atau dijadikan tambahan dalam sup. Kacang kedelai berukuran besar dan berwarna hijau ini juga bisa ditambahkan pada salad, atau dipanggang.

Shona menambahkan bahwa ngemil edamame merupakan cara yang bagus untuk menjaga nafsu makan tetap terkontrol. Terlebih lagi edamame juga tinggi protein, membantu perut terasa kenyang lebih lama sehingga ideal dimakan di sela-sela jam sarapan dan makan siang, atau sore hari sebelum makan malam.

5. Es Krim dengan Topping Tinggi Protein

Closeup of sweet ice cream made of fruits and milkEs krim. Foto: Getty Images/iStockphoto/Shaiith

Snack untuk diet selanjutnya adalah es krim dengan topping yang tinggi protein. Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, es krim yang terbuat dari susu tidak akan membuat timbangan berat badan naik signifikan.

Es krim yang terbuat dari susu mengandung karbohidrat serta protein, plus rasanya juga lezat. Satu scoop es krim rasa vanilla atau cokelat, terbilang masih 'aman'. Agar lebih bernutrisi, kamu bisa menambahkan topping seperti cacahan almond, remahan kelapa kering atau buah-buahan beku.

6. Kurma dan Selai Kacang

Masya Allah! dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk PencernaanKurma. Foto: Getty Images/iStockphoto

Menu ini disarankan oleh Shannon Garcia, M.D.S., R.D. Ketika keinginan makan makanan manis timbul, kamu bisa memuaskannya dengan beberapa butir kurma yang dioles selai kacang. Selain mengandung gula sebagai sumber energi, kurma juga kaya akan serat yang memberi rasa kenyang pada perut dan baik bagi pencernaan. Sedangkan selai kacang merupakan sumber protein dengan citarasa gurih serta mengandung lemak sehat.

7. Yoghurt

yoghurtYoghurt Foto: iStock

Yoghurt merupakan sumber protein yang dan dapat membantu mempertahankan bentuk tubuh. Karbohidrat paling cepat digunakan tubuh, dan protein membantu tubuh untuk mencernanya secara perlahan sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama. Untuk membuat camilan jadi lebih enak, tambahkan buah seperti stroberi atau blueberry ke dalam yoghurt tawar, untuk membuat kamu kenyang lebih lama.

8. Oatmeal

Oatmeal in a wooden bowlOatmeal. Foto: Getty Images/iStockphoto/t_kimura

Sejumlah studi menemukan bahwa oatmeal lebih mengenyangkan daripada sereal kering dalam jumlah kalori dan kandungan serat yang sama. Saat lapar, seduh oatmeal instan dengan susu panas rendah lemak atau air panas. Taburi buah-buahan segar seperti stroberi, pisang atau blueberry agar rasanya lebih enak. Tambahkan pula satu sendok teh madu murni untuk rasa yang manis.

9. Salad Sayur

Healthy Grilled Chicken Caesar Salad with Cheese and CroutonsSalad. Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2

Ganti camilan olahan pabrik dengan salad sayur yang tentu lebih sehat dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral, dan protein. Sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga tetap membuat kamu terhidrasi seharian. Pilih dressing yang juga rendah kalori seperti minyak zaitun dengan perasan lemon yang dibumbui sedikit garam dan merica.

10. Batang Seledri

Bunch of fresh celery stalk with leaves. Studio PhotoBatang seledri. Studio Photo Foto: iStock

Batang seledri dengan cocolan saus tartar atau honey mustard bisa jadi snack untuk diet dengan rasa yang segar dan gurih, terlebih lagi, rendah kalori. Selain sebagai makanan diet, seledri juga baik untuk memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Seledri mengandung 83 persen air serta rendah kalori, menjadikannya camilan yang sehat bagi mereka yang sedang diet penurunan berat badan. Seledri juga memiliki sejumlah kecil mineral seperti sodium, kalsium, zinc, zat besi, fosfor serta vitamin A, B dan C.



Simak Video "Anggunnya Jang Nara dalam Balutan Gaun Pengantin"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)