ADVERTISEMENT

Viral di TikTok Minum Air Garam untuk Bersihkan Usus, Waspadai Bahayanya

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Jumat, 21 Okt 2022 14:30 WIB
air garam Ilustrasi air garam. Foto: iStock
Jakarta -

Viral di TikTok cara DIY (do it yourself) untuk membersihkan usus sendiri di rumah. Tak perlu bantuan dokter ataupun perawatan di klinik kesehatan, cukup dengan minum air garam.

Belakangan ini tagar bertulisan #saltflush ramai dipopulerkan TikTokers. Mereka mengklaim minum air garam bisa membantu membersihkan dan mengeluarkan tumpukan residu dari usus.

Efek dari minum air garam selain membersihkan usus, juga diklaim sebagian TikTokers bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Sejauh ini unggahan video di TikTok dengan tagar #saltflush sudah mendapatkan views lebih dari 287 ribu. Satu video yang diunggah bintang TikTok Olivia Hedlund bahkan sudah ditonton 3,6 juta kali sejak diunggah 12 September 2022.

Olivia Hendlund yang menyebut dirinya sebagai Functional Nutritional Therapy Practitioner merekomendasikan minum air garam untuk merangsang pergerakan usus agar mengeluarkan tumpukan residu, atau yang banyak disebut TikTokers dengan istilah 'lumpur' dari usus kecil. Cara tersebut diyakininya dapat mengatasi sembelit dan kembung, sekaligus menurunkan berat badan.

@mandyvjones

♬ original sound - Amanda Jones

Tren kesehatan yang viral di TikTok ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan ahli kesehatan. Sejumlah pakar diet menyebut minum air garam dalam jumlah banyak bisa berbahaya, terutama bagi mereka yang sedang dalam kondisi tidak sehat atau tidak normal.

"Minum air garam untuk membersihkan usus bisa 'membakar' isi perut dan sangat berbahaya," kata pakar diet Abbey Sharp, seperti dikutip dari Insider.

"Residu atau lumpur yang dimaksud sebenarnya adalah kotoran dan air. Kalau kamu mengalami sembelit atau sulit BAB, ya memang benar cara ini bisa membersihkannya. Tapi metode ini (memasukkan air garam ke dalam tubuh -red) biasanya digunakan sebagai alternatif untuk persiapan kolonoskopi," terangnya lagi.

Sementara itu menurut jurnal kesehatan yang diterbitkan Medical News Today, membersihkan usus dengan air garam mungkin bisa membantu penurunan berat badan. Namun perlu diketahui bahwa tubuh bisa membersihkan dirinya sendiri tanpa perlu bantuan air garam maupun minuman detoks.

Selain itu bukti ilmiah bahwa minum air garam bisa membersihkan usus masih sangat terbatas. Sehingga efektivitas dan keamanannya pun masih dipertanyakan.

Bagi yang menderita hipertensi, masalah pencernaan, gangguan ginjal dan jantung, atau kondisi medis serius lainnya, tidak boleh menggunakan air garam maupun pembersih usus besar. Efek samping dari tindakan ini bisa bermacam-macam mulai dari mual, muntah, lelah hingga dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit.



Simak Video "Viral Anak Menangis Ingin Dijemput Sekolah Ibunya, Ini Kata Kak Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)