ADVERTISEMENT

9 Cara Menangis untuk Meluapkan Emosi Saat Sedih

Tim Beautynesia - wolipop Kamis, 08 Sep 2022 17:35 WIB
Depressed young woman crying, holding boyfriend or husband picture close up, stressed upset girl suffering from break up or divorce, sitting on couch at home alone, feeling lonely and hopeless Cara menangis untuk meluapkan emosi. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes.
Jakarta -

Sedang sedih tapi tidak bisa mengeluarkan air mata? Berikut sembilan cara menangis yang bisa dilakukan untuk meluapkan emosi ketika sedih.

Dilansir dari Womens Health Mag, beberapa orang kesulitan menangis karena memiliki masalah medis seperti sindrom mata kering, yaitu jumlah air mata yang diproduksi tidak mencukupi untuk dikeluarkan. Selain itu, bisa juga kamu sulit menangis karena memang berusaha menghindarinya.

Saat sedang sedih, tidak ada salahnya untuk menangis. Menangis, selama tidak berlebihan juga baik untuk menjaga kesehatan mental kamu.

Buat kamu yang kesulitan meluapkan emosi dengan meneteskan air mata, berikut cara menangis yang bisa dicoba, seperti dikutip dari Beautynesia.id:

Jangan Berkedip

Cara menangis termudah dan mengeluarkan air mata adalah dengan tidak berkedip. Tubuh tentunya secara alami akan mengedipkan mata untuk menghasilkan kelembapan dan mencegah kotoran menempel yang berisiko menyebabkan infeksi.

Dengan kamu berusaha atau menahan diri untuk mengedip, dan mencoba menatap dinding kosong selama kurang lebih 20 detik, maka mata kamu kemungkinan besar akan mulai terasa 'terbakar' sehingga satu tau dua tetes air mata akan jatuh.

Teknik Pernapasan

Dengan menyadari alur pernapasan akan membantu keseimbangan emosional, fisik, mental dan spiritual. Beberapa orang melakukan praktik menyadari napas dan mereka bisa menyembuhkan dirinya dari perasaan-perasaan cemas.

Jalan-jalan

Berjalan tentunya memiliki banyak manfaat untuk berbagai alasan. Dengan berjalan-jalan, kamu bisa merefleksikan hal-hal yang membuat sedih atau yang menimbulkan perasaan cemas. Secara tidak langsung saat perasaan itu muncul, kamu akan mudah merasa haru dan kemudian bisa mengeluarkan emosi dengan cara menangis.

Mendengarkan Musik

Cara menangis untuk meluapkan kesedihan yang bisa dilakukan berikutnya adalah dengan mendengarkan musik. Cara ini sangat bagus untuk memanfaatkan emosi. Pilihlah lagu-lagu yang menurut kamu bisa memunculkan emosi secara pribadi. Maka secara tidak langsung saat mendengarkannya kamu bisa terbawa suasana, sehingga bisa mengeluarkan emosi yang selama ini terpendam.

Apalagi cara menangis untuk meluapkan emosi? KLIK DI SINI untuk mengetahui cara untuk membantu kamu mengeluarkan air mata saat sedih.



Simak Video "Tangis Meghan Markle Iringi Pemakaman Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)