ADVERTISEMENT

8 Pengganti Nasi untuk Diet yang Lezat dan Mengenyangkan

Arina Yulistara - wolipop Sabtu, 20 Agu 2022 13:05 WIB
Makanan pengganti nasi untuk diet. Foto: Dok. iStock Makanan pengganti nasi untuk diet. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Sedang mencoba diet turun berat badan? Cari makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa bantu turunkan berat badan.

Beberapa makanan pengganti nasi untuk diet bisa mempengaruhi proses penurunan berat badan lebih efektif. Pilih jenis pengganti nasi untuk diet yang rendah kalori dan karbohidrat.

Tak melulu mengganti nasi putih dengan merah, ada beberapa makanan pengganti nasi untuk diet yang mungkin tidak kamu sangka. Salah satunya kembang kol yang bisa menjadi pengganti nasi untuk diet lho.

Selain itu, sejumlah makanan menjadi pengganti nasi untuk diet memiliki cita rasa lezat dan mengenyangkan. Yuk coba makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa dikonsumsi sehari-hari.

Berikut deretan makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa kamu coba campurkan dengan lauk harian penambah cita rasa serta mengenyangkan.

Makanan pengganti nasi untuk diet 1: Kembang Kol

Kembang Kol Warna WarniKembang Kol, pengganti nasi untuk diet. Foto: iStock

Mengutip dari Healthline, kembang kol bisa menjadi pengganti nasi untuk diet. Ini merupakan makanan pengganti nasi untuk diet yang sangat bergizi dan sarat akan folat, vitamin K, dan serat.

Selain itu, kembang kol juga rendah kalori. Satu porsi atau 1/2 cangkir (57 gram) kembang kol hanya memiliki 13 kalori dibandingkan dengan 100 kalori untuk porsi nasi putih yang sama.

Makanan pengganti nasi untuk diet ini juga rendah karbohidrat yang cocok dipasangkan dengan menu lauk apa pun. Kembang kol kaya akan serat, vitamin C, K, folat, potasioum, dan magnesium yang baik.

Makanan pengganti nasi untuk diet 2: Mashed Potato

Mashed potato bisa menjadi pengganti nasi untuk diet. Cara membuatnya hanya dengan merebus kentang dan haluskan. Kemudian konsumsi bersama sedikit garam dan lada agar lebih lezat.

Mashed potato bisa menjadi pengganti nasi untuk diet atau camilan harian. Dilansir dari Times of India, sebuah penelitian menemukan bahwa proses pendinginan kentang rebus memungkinkan mereka untuk membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi.

Hal tersebut tentu sangat baik untuk mengatur metabolisme, melawan kelebihan lemak, dan meningkatkan banyak manfaat kesehatan lainnya. Kentang rebus memiliki jumlah kalori yang hampir sama dengan ubi jalar dan lobak, menjadikannya pilihan yang sangat baik sebagai makanan pengganti nasi untuk diet.

Makanan pengganti nasi untuk diet 3: Talas

TalasTalas, bisa jadi makanan pengganti nasi untuk diet. Foto: Istimewa

Talas termasuk makanan pengganti nasi untuk diet yang baik Bunda konsumsi saat ingin turun berat badan. Kandungan makanan pengganti nasi untuk diet ini kaya akan serat hingga 78% pati. Tidak hanya itu, talas juga kaya akan karbohidrat, protein, vitamin C, kalsium, dan zinc.

Makanan pengganti nasi untuk diet 4: Brokoli

Brokoli bisa menjadi alternatif pengganti nasi untuk diet rendah karbohidrat atau kalori. Kandungan nutrisinya mirip dengan kembang kol, 1/2 cangkir (57 gram) mengemas sekitar 15 kalori dan 2 gram serat.

Makanan pengganti nasi untuk diet itu juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Makanan pengganti nasi untuk diet 5: Quinoa

Quinoa termasuk biji-bijian yang juga bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk diet. Meskipun tekstur dan rasa mirip nasi, quinoa tetap bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk diet terbaik buat Bunda yang sedang menjalani program turun berat badan.

Makanan pengganti nasi untuk diet yang populer ini bebas gluten dan jauh lebih tinggi proteinnya dibanding nasi putih. Faktanya, satu porsi atau 1/2 cangkir (92 gram) quinoa matang menyediakan 4 gram protein, dua kali lipat jumlah yang ditemukan dalam porsi nasi putih yang sama.

Apalagi makanan pengganti nasi untuk diet? KLIK HALAMAN BERIKUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2