ADVERTISEMENT

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Saat Kurang Makan Sayur

Tim Beautynesia - wolipop Jumat, 05 Agu 2022 19:31 WIB
attractive japanese woman skin care image Tanda tubuh kurang sayur. Foto: Getty Images/iStockphoto/itakayuki
Jakarta -

Sudahkah kamu makan sayur hari ini? Jika belum, waspadai tanda-tanda yang bisa terjadi pada tubuh saat kurang makan sayur.

Sayuran sering disebut sebagai makanan yang wajib dikonsumsi demi kesehatan. Kenapa demikian? Karena memang kenyataannya sayuran memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Brokoli misalnya adalah salah satu sayuran paling sehat yang bisa kamu konsumsi setiap harinya agar mendapatkan imun tubuh yang baik. Brokoli kaya akan vitamin dan mineral. Brokoli juga mengandung vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya.

Bayam masuk ke daftar makanan untuk meningkatkan imun tubuh karena kaya akan vitamin C. Selain itu bayam juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi atau memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Saat kurang makan sayur, tujuh hal berikut ini bisa terjadi pada tubuh:

1. Tubuh Mudah Lelah

Mengutip laman Eat This, Not That, sayuran mengandung aneka vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Jika kamu kekurangan cukup sayur, sehingga lebih memilih makan makanan yang tinggi lemak, karbohidrat, juga olahan, maka cenderung bisa mencetus 'ledakan energi'.

Hal itu kemudian dapat memicu kelelahan, gampang lupa, dan perubahan mood. Karena itu kamu perlu mengganti menu makan menjadi sehat dan banyak sayur untuk mencegahnya, dan membuat energi dalam tubuh lebih dapat bertahan lama.

2. Lapar Lagi Setelah Makan

Habis makan kok malah cepat lapar lagi? Hal ini bisa jadi pertanda kurang sayur. Sebab serat yang kaya dari sayuran dapat meningkatkan rasa kenyang yang berlangsung lama, serta mempertahankan energi.

3. Kulit Kusam

Menurut Keri Gans, MS, RDN, CDN, nutrisionist dan penulis The Small Change Diet, sayuran mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, yang berpotensi merusak kulit. Jadi kalau mau kulit glowing terus, kamu perlu memasukkan sayur dalam menu makan sehari-hari

4. Sulit BAB atau Konstipasi

Serat yang terkandung dalam sayuran dapat membantu melancarkan pencernaan. Pastikan kamu juga mendapat cukup air setiap harinya, sambil meningkatkan asupan serat harian.

Apalagi hal yang bisa terjadi pada tubuh saat kurang makan sayur? KLIK DI SINI untuk mengetahuinya.



Simak Video "Kenali Arti Warna-warni Buah dan Sayur"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)