ADVERTISEMENT

Tren Minum Segalon Air Sehari di TikTok, Ini Bahayanya Overhidrasi

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Senin, 20 Jun 2022 07:00 WIB
Little girl is taking a big gulp of water from a bottle during athletics club. Ilustrasi wanita minum air putih. Foto: iStock
Jakarta -

Memenuhi kebutuhan cairan setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain itu cukup minum air putih juga bermanfaat menjaga kelembapan kulit dan mencegah dehidrasi.

Namun tampaknya warga TikTok menganggap keutamaan air putih ini terlalu berlebihan sehingga mengonsumsinya secara berlebihan pula. Belakangan muncul tren minum air putih satu galon sehari dengan tagar #gallonofwateraday.

Tren ini menggerakkan orang untuk minum lebih banyak air dari seharusnya. Partisipan ditantang untuk minum satu galon atau 4,5 liter air per hari.

Tidak dijelaskan secara detail manfaat dari minum satu galon air sehari. Namun berdasarkan kacamata medis, terlalu banyak asupan cairan, atau overhidrasi bisa berbahaya bagi tubuh.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, konsumsi air putih bisa berbeda-beda, tergantung aktivitas dan kondisi tubuh seseorang. Secara umum konsumsi air putih yang disarankan sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau sekitar 2 liter.

Selain dari minuman asupan cairan juga bisa dipenuhi lewat makanan. Beberapa contoh makanan dengan kandungan air tinggi misalnya bayam, mentimun, semangka, pir atau hidangan berkuah seperti sup atau sayur bening.

Lantas, bagaimana jika terlalu banyak minum air putih dari seharusnya? Seseorang bisa mengalami overhidrasi yang dapat berakibat fatal.

Dr dr Ermita I.Ibrahim Ilyas dari Departemen Fisiologi Kedokteran FKUI, seperti dikutip dari detikHealth, menjelaskan bahwa overhidrasi terjadi ketika mengonsumsi air berlebih sehingga cairan di luar sel tubuh meningkat dan elektrolit berkurang. Kondisi tersebut bisa mengubah keseimbangan elektrolit serta cairan di dalam dan luar tubuh.

Adapun tanda-tanda overhidrasi diawali dengan rasa mual, muntah dan perut terasa penuh. Selain itu juga timbul keinginan buang air kecil beberapa kali dalam waktu satu jam. Warna urine yang terlihat bening hingga berwarna kebiruan juga merupakan gejala overhidrasi.

Pada kondisi lebih berat, seseorang akan mengalami bengkak pada tangan dan kaki. Gangguan kesadaran bisa terjadi apabila overhidrasi sudah mencapai otak.

Untuk itu sangat tidak disarankan mengonsumsi satu galon air putih sehari sekadar untuk ikut tren atau tantangan yang viral di media sosial. Segala sesuatu yang awalnya baik apabila dilakukan secara berlebihan pun akan berakibat buruk bagi tubuh.



Simak Video "'Brand New' Jadi Titik Balik XIUMIN EXO"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)