ADVERTISEMENT

Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan dan Efeknya Terhadap Kesehatan

Hestianingsih - wolipop Selasa, 19 Apr 2022 03:30 WIB
Ilustrasi diet air putih. Foto: Getty Images/iStockphoto Ilustrasi diet air putih. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Diet air putih dipercaya dapat menurunkan berat badan secara signifikan dalam waktu singkat. Diet ini sempat booming di akhir 2016 bahkan telah banyak diikuti dan menjadi tantangan di media sosial.

Sejumlah YouTuber ikut mempopulerkan diet air putih dan mendokumentasikan proses diet serta transformasi penurunan berat badan mereka. Rata-rata mengaku sudah menunjukkan perubahan dengan 7-10 hari diet hanya dengan minum air putih tanpa makanan.

Sebagian Youtuber memperingatkan kalau metode menurunkan berat badan dengan diet air putih ini bisa sangat berbahaya. Mereka juga menyarankan agar diet dilakukan di bawah supervisi dokter atau ahli kesehatan.

Dalam kacamata medis, diet air putih dapat berdampak buruk bagi kesehatan bahkan bisa membahayakan.

Pakar diet Julie Upton R.D., C.S.S.D., menjelaskan bahwa orang yang sehat dan normal memang akan bertahan hidup hanya dengan minum air putih tanpa makanan dalam jangka waktu tertentu. Tapi menurutnya diet air putih bukan cara yang sehat untuk menurunkan berat badan.

"Kamu akan sangat kelaparan dan kembali ke pola makanmu yang biasa setelah melakukan diet dan berta badanmu juga akan balik lagi," ujar pendiri Appetite for Health ini, seperti dikutip dari Today.

Ketika asupan hanya air putih, tubuh akan kehilangan nutrisi-nutrisi penting. Efek jangka panjangnya tentu saja berat badan yang turun drastis. Tapi menurut Julie, yang terbuang kebanyakan air dan bukan lemak.

"Kamu kehilangan lebih banyak otot dibandingkan dengan orang yang mengurangi 500-800 kalori per hari sesuai yang direkomendasikan," kata Julie.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KuTips: Simak Cara Diet Sehat saat Puasa Ala Ahli Gizi!"
[Gambas:Video 20detik]