ADVERTISEMENT

3 Minuman Buka Puasa untuk Diet, Nggak Kalah Segar dari Es Sirup

Hestianingsih - wolipop Selasa, 05 Apr 2022 14:30 WIB
Ilustrasi wanita diet Foto: Getty Images/iStockphoto/macniak
Jakarta -

Buka puasa identik dengan minuman manis sebagai pelepas dahaga setelah seharian menahan nafsu lapar dan haus. Minuman manis seperti sirup atau es campur memang menggiurkan, tapi bagi yang sedang diet, perlu menjaga asupan kalori agar programnya berhasil.

Tapi jangan khawatir, minuman buka puasa untuk diet pun tak kalah nikmat dan menyegarkan. Selain itu juga rendah kalori serta gula yang tentunya baik untuk kesehatan.

Ini beberapa pilihan minuman buka puasa untuk diet yang bisa kamu nikmati:

1. Air Kelapa

Ilustrasi air kelapaIlustrasi air kelapa. Foto: Getty Images/iStockphoto/Elena Medoks

Minum air kelapa tanpa tambahan gula adalah cara sehat berbuka puasa jika kamu sedang diet. Air kelapa juga tidak akan membuat gula darah dan level insulin naik drastis. Selain itu air kelapa mengandung elektrolit, vitamin dan mineral untuk mengisi kembali cairan tubuh sekaligus mengatasi dehidrasi.

Kamu bisa minum air kelapa sekaligus menikmati dagingnya. Tambahkan es atau campur dengan perasan jeruk lemon agar lebih segar.

2. Susu Kurma

Manfaat Sehat dan Resep Mudah Membuat Susu Kurma SendiriSusu kurma. Foto: Getty Images/iStockphoto/petrunjela

Manis dari kurma akan mengembalikan tenaga secara instan, sementara susu memberikan nutrisi dan mengandung protein tinggi. Dua kombinasi ini sangat cocok sebagai minuman buka puasa untuk diet yang sehat.

Kamu bisa merendam 3-4 butir buah kurma ke dalam segelas susu dan diamkan selama beberapa jam di dalam kulkas. Aduk-aduk dan nikmati ketika sirup alami dari kurma tercampur dengan susu.

3. Jus Buah

Tangkal Covid-19! Ini 7 Resep Jus Buah dan Sayur untuk Perkuat ImunitasIlustrasi jus buah. Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

Jus buah adalah minuman buka puasa untuk diet yang praktis disajikan. Jus segar dari buah melon, semangka, jambu biji atau stroberi sangat baik untuk menghidrasi tubuh sekaligus melengkapi kebutuhan vitamin harian.

Selain itu jus buah juga kaya akan serat, antioksidan serta vitamin. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jus buah, jaga kealamiannya dengan tidak mencampurkannya bersama gula atau susu kental manis. Blender buah bersama es batu untuk tambahan cairan dan membuat rasanya lebih segar.

Air Putih Minuman Buka Puasa untuk Diet Paling Penting

Minum air putih sangat disarankan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa. Maka dari itu utamakan meminum air putih minimal satu gelas segera setelah bedug Maghrib berkumandang.

Air putih dapat membantu mencegah konstipasi (sembelit) dengan menjadikan tinja lebih lunak sehingga mudah untuk dibuang dari usus. Air putih juga berguna untuk mencegah infeksi saluran kemih, mencegah terjadinya keriput dengan membuat kulit tetap lembab dan mencegah infeksi.

Manfaat lainnya, air putih dapat mencegah alergi dengan menjaga selaput lendir, tenggorokan, hidung dan mata tetap lembab. Asupan air yang cukup dapat mencegah dehidrasi dan efek buruk yang dihasilkannya.



Simak Video "KuTips: Simak Cara Diet Sehat saat Puasa Ala Ahli Gizi!"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)