ADVERTISEMENT

7 Manfaat Buah Semangka untuk Sahur dan Buka Puasa

Anggi Mayasari - wolipop Senin, 04 Apr 2022 03:30 WIB
Manfaat buah semangka. Foto: Getty Images/iStockphoto/Alex Liew Manfaat buah semangka. Foto: Getty Images/iStockphoto/Alex Liew
Jakarta -

Ingin lebih sehat selama Ramadhan? Coba rasakan manfaat buah semangka untuk sahur dan buka puasa.

Kamu bisa mendapatkan manfaat buah semangka selama bulan Ramadhan. Salah satu manfaat buah semangka tentu bisa menghidrasi tubuh lebih banyak.

Dibanding mengonsumsi minuman manis dengan gula tambahan, manfaat buah semangka tentu bisa menjadi alternatif pengganti yang lebih sehat. Tidak hanya membantu menghidrasi tubuh, manfaat buah semangka untuk buka puasa juga bisa mencegah kelebihan berat badan karena rendah kalori.

Kamu bisa mengonsumsi buah semangka secara langsung atau menjadikannya jus segar. Manfaat buah semangka juga bagus untuk kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat buah semangka bisa membantu melindungi dan memperbaiki jaringan vena, arteri, serta jantung. Ini karena kandungan buah semangka yang kaya antioksidan vitamin C.

Yuk simak manfaat buah semangka yang bisa menjadi tambahan menu sahur dan buka puasa:

Begini 5 Cara Terbaik Nabi Muhammad SAW saat Makan SemangkaManfaat buah semangka. Foto: iStock

1. Menghidrasi Tubuh

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi sebanyak 92% dan memiliki nutrisi penting seperti magnesium, kalsium, natrium, dan kalium. Jadi, salah satu manfaat buah semangka bisa benar-benar menghidrasimu lebih efektif daripada air, terutama setelah puasa seharian.

Jangan sampai kamu mengalami dehidrasi selama bulan puasa. Dehidrasi serius dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan perubahan suasana hati. Untuk itu, dapatkan manfaat buah semangka dengan mengonsumsinya saat sahur maupun berbuka puasa.

Memasukkan menu semangka saat Ramadhan akan membuatmu selalu terhidrasi, khususnya ketika cuaca sedang panas. Jika tidak ingin makan buah, kamu bisa mendapatkan manfaat buah semangka dengan membeli jusnya.

2. Rendah Kalori

Semangka adalah salah satu buah yang rendah kalori. Hanya terdapat 46 kalori per cangkir yang bahkan lebih rendah dari buah 'rendah gula' seperti buah beri. Manfaat buah semangka juga bebas lemak.

Banyak orang khawatir tentang jumlah gula dalam semangka tapi itu sedikit kesalahpahaman. Kandungan gula dalam semangka sebenarnya cukup rendah.

3. Kaya nutrisi

Semangka mengandung vitamin A, C, B, dan asam amino penting. Manfaat buah semangka juga tinggi karotenoid, termasuk beta-karoten dan yang paling penting dikemas dengan likopen, pigmen, serta antioksidan yang memberi buah ini berwarna merah tua.

Lycopene dari semangka merupakan antioksidan super yang melindungi semua sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Tidak hanya itu, manfaat buah semangka juga bisa melindungi sistem kekebalan dan mudah diserap ke dalam tubuh.

4. Sehat untuk Jantung

Manfaat buah semangka lainnya menjadi makanan yang menyehatkan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa likopen mungkin memiliki manfaat kardiovaskular, termasuk mengurangi risiko stroke.

Tentu manfaat buah semangka lainnya bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Manfaat buah semangka yang kaya akan antioksidan vitamin C, dapat melindungi dan memperbaiki jaringan vena, arteri, serta jantung.

Manfaat buah semangka bagus untuk mata. Seperti apa? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Visual Uang Koin Raja Charles III"
[Gambas:Video 20detik]