ADVERTISEMENT

Benarkah Kopi Hijau untuk Diet Bermanfaat Buat Turunkan Berat Badan?

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 31 Mar 2022 10:38 WIB
People drinking coffee high angle view Kopi hijau untuk diet. Foto: iStock
Jakarta -

Teh hijau memang dipercaya memiliki khasiat untuk membantu menurunkan berat badan. Bagaimana dengan kopi hijau untuk diet? Benarkah kopi hijau untuk diet bermanfaat buat menurunkan berat badan?

Sebelum mengonsumsi kopi hijau untuk diet, coba lakukan riset terlebih dahulu. Jangan sampai asal minum kopi hijau untuk diet namun malah menimbulkan efek samping pada kesehatanmu.

Kopi hijau untuk diet sebenarnya sama seperti kopi biasa namun bijinya belum dipanggang dan tetap mentah sepenuhnya. Kopi hijau untuk diet lebih terkenal sebagai suplemen makanan tapi bisa dibeli dalam bentuk biji utuh dan sering digunakan buat minuman panas, seperti roasted coffee.

Meski demikian, rasa kopi hijau untuk diet tidak seperti roasted coffee tapi karena memiliki rasa jauh lebih ringan. Secara cita rasa, kopi hijau untuk diet lebih mirip seperti teh herbal.

Proses pembuatannya pun sangat berbeda dengan roasted coffee walaupun tetap kopi. Kopi hijau untuk diet mempunyai kandungan asam klorogenat yang melimpah dengan antioksidan kuat.

Kopi hijau untuk diet mengandung antiinflamasi sehingga memiliki ragam manfaat kesehatan. Itulah mengapa disarankan memilih kopi hijau untuk diet.

Benarkah kopi hijau untuk diet bermanfaat?

Dilansir dari Healthline, kopi hijau untuk diet sempat menjadi kontroversi. Kopi hijau untuk diet ppopuler sebagai suplemen penurun berat badan setelah ditampilkan di acara reality show 'The Dr. Oz Show'.

Ekstrak kopi hijau untuk diet kemudian dijual sebagai pil dan dapat ditemukan secara online atau di toko makanan kesehatan. Dosis tipikalnya antara 60 hingga 185 miligram per hari dalam mengonsumsi kopi hijau untuk diet.

Meski demikian, belum banyak penelitian tentang asam klorogenat seperti dalam kopi hijau untuk diet dan efektivitasnya sebagai suplemen penurun berat badan. Tinjauan penelitian pada manusia memang menunjukkan bahwa ekstrak kopi hijau untuk diet mungkin berpotensi membantu menurunkan berat badan.

Namun efek kopi hijau untuk diet yang didokumentasikan pada penurunan berat badan kecil dan penelitiannya tidak jangka panjang. Jadi, tidak ada cukup bukti untuk mengatakan bahwa suplemen itu efektif atau aman. Diperlukan lebih banyak penelitian mengenai kopi hijau untuk diet.
Manfaat kopi hijau untuk diet sehat

Mungkin kopi hijau untuk diet penurunan berat badan belum bisa dibuktikan secara khusus namun kandungan kopi ini memang bagus buat kesehatan. Faktanya, asam klorogenat dalam kopi hijau untuk diet dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan jantung.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian meninjau bahwa kopi hijau untuk diet bisa membantu memperbaiki gula darah, tekanan darah, dan lingkar pinggang. Meskipun hasil ini menjanjikan, penelitian yang lebih besar tetap diperlukan.

Apakah kamu pernah minum kopi hijau untuk diet?



Simak Video "Wejangan Keluarga Erina Gudono untuk Kaesang Pangarep"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)