7 Manfaat Tomat Untuk Wajah, Mengatasi Jerawat Hingga Mencerahkan

Lukita Wardhani - wolipop Rabu, 19 Jan 2022 15:30 WIB
Young beautiful wearing a white bathrobes in a relaxed girl smiling hiding eye behind tomato slice over spa room background. Beauty spa and cosmetology concept. casual atmosphere. Ilustrasi manfaat tomat untuk wajah. Foto: iStock
Jakarta -

Tomat dianggap sebagai makanan sehat yang mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya seperti: beta karoten, lutein, likopen, magnesium, kalium, vitamin A juga vitamin B-1, B-3, B-5, B-6, dan B-9. Dengan segala kandungannya itu, tomat juga berkhasiat untuk kecantikan. Apa saja manfaat tomat untuk wajah?

Sebelum membahas manfaat tomat untuk wajah, kamu perlu mengetahui khasiat buah ini untuk kesehatan tubuh. Kandungan likopen yang dimiliki tomat bermanfaat mencegah risiko penyakit jantung dan kanker. Likopen yang memberi tomat warna merah juga dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Tomat termasuk buah yang dapat menjadi sumber vitamin A, vitamin C, vitamin K, potasium, dan folat yang kuat.

Berikut manfaat tomat untuk wajah kamu:

1. Mencerahkan Kulit

Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam tomat bisa membantu mencerahkan wajah. Memakai masker tomat pada wajah dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam dan bintik hitam.

2. Mengurangi Timbulnya Jerawat

Bagi kamu yang sedang mencari solusi alami dan bebas bahan kimia untuk menyembuhkan jerawat, kamu bisa menggunakan tomat. Keasaman tomat bisa membantu jerawat pergi dari wajah kamu, karena masker tomat bersifat antibakteri dan antijamur.

3. Mengurangi Minyak dan Komedo Pada Wajah

Secara alami tomat bersifat asam, sehingga buah ini dapat menyeimbangkan tingkat ph kulit dan memerangi produksi minyak berlebih serta mengangkat kotoran pada wajah. Jadi, manfaat tomat untuk wajah, dapat menyeimbangkan kulit berminyak.

4. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Memakai masker tomat pada wajah dapat bekerja sebagai zat alami untuk mengecilkan pori-pori dan menghambat akumulasi kotoran dan minyak.

5. Anti Aging

Jumlah antioksidan yang tinggi dalam tomat berkontribusi untuk memudarkan garis-garis halus dan kerutan, sehingga memberikan efek anti penuaan pada kulit.

6. Membuat Kulit Kenyal

Tomat dapat merangsang pembentukan kolagen dan elastin, sehingga menjaga elastisitas kulit dan membuat wajah lembut serta mengurangi kerutan

7. Mengobati Sunburn

Vitamin dalam tomat dapat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dengan mengembalikan sel-sel kulit mati. Selain itu, manfaat tomat untuk wajah juga bisa mengatasi kulit yang kemerahan dan peradangan.



Simak Video "Digelar Besok, Akad Nikah Ketua MK dan Adik Jokowi Dihadiri 200 Tamu"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)