7 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan Wajah

Lusiana Mustinda - wolipop Selasa, 08 Okt 2019 05:32 WIB
Masker tomat untuk wajah berjerawat. Foto: Istimewa Masker tomat untuk wajah berjerawat. Foto: Istimewa

Jakarta - Buah tomat mengandung antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Masker tomat yang dibuat dengan campuran madu hingga lemon memiliki manfaat untuk kecantikan.

Buah berwarna merah ini mengandung karotenoid, asam folat dan vitamin C. Masker tomat dijadikan sebagai perawatan kulit karena mampu mencerahkan kulit, anti penuaan hingga menghilangkan sel kulit mati.


Dirangkum oleh Wolipop, ini manfaat masket tomat setiap hari yang bisa kamu dapatkan:

1. Mengecilkan Pori-pori

Masker tomat bisa membantu mengecilkan pori-pori pada wajah yang besar. Caranya adalah dengan menambahkan empat tetes jus tomat dengan 1 sendok makan air dan aplikasikan di wajah dengan bantuan kapas. Pijat lembut kulit dan biarkan selama 15 menit. Dengan teratur, pori-pori kamu akan mengecil.

2. Mencerahkan Kulit

Masker tomat dan lemon yang tinggi dengan kandungan vitamin C ini dipercaya dapat membantu mencerahkan wajah secara alami. Menerapkan masker tomat untuk menggosok bagian tomat pada kulit akan membuat wajah lebih halus dan cerah.

3. Hilangkan Lingkaran Hitam pada Mata

Masker tomat bekerja sebagai pencerah sehingga dapat mencerahkan kulit terutama pada area bawah mata. Kamu bisa mencampurkan lidah buaya yang mengandung antioksidan dan anti inflamasi agar kulit kembali segar.

Campurkan 1 sdm sari tomat dan beberapa tetes gel lidah buaya. Oleskan campuran masker tomat ini ke wajah diamkan sekitar 10 menit. Bilas dengan air dan ulangi perawatan ini satu atau dua kali sehari agar hasilnya optimal.

Masker tomat untuk kecantikan.Masker tomat untuk kecantikan. Foto: Istimewa

4. Mengatasi Jerawat

Masker tomat untuk wajah berjerawat juga sangat bermanfaat. Kandungan astringen dan antioksidan pada tomat dapat bekerja untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Masker tomat dan madu juga bisa jadi pilihan untuk mengetasi jerawat di wajah.

Campurkan buah tomat yang sudah dihancurkan dengan 1 sdm yogurt dan 1 sdm madu kemudian baurkan ke seluruh wajah. Diamkan 15 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan perawatan masker tomat 2 kali dalam seminggu.

5. Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Tak hanya bisa menghilangkan jerawat. Masker tomat juga dapat membantu menyamarkan noda bekas jerawat. Hampir sama dengan kandungan lemon, buah tomat juga dapat mengatasi noda bekas jerawat.

6. Mengurangi Komedo

Punya masalah komedo? Kamu perlu menyiapkan 1-2 sendok makan tomat yang sudah dihancurkan dengan 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan yogurt. Campurkan semua bahan dan oleskan rata ke seluruh wajah terutama area yang berkomedo. Diamkan sekitar 15 menit dan bilas dengan air.

7. Mencegah Penuaan Dini

Kurangnya produksi kolagen pada kulit bisa memberikan dampak penuaan dini seperti kerutan hingga hiperpigmentasi. Kamu bisa mencegah penuaan dini dengan menggunakan masker tomat sekaligus memijat lembut kulit wajahmu untuk mengembalikan warna kulit.





Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)