Viral di TikTok, Cara Mudah Deteksi Tubuh yang Dehidrasi dengan Cubit Jari

Hestianingsih - wolipop Selasa, 06 Jul 2021 12:45 WIB
Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Foto: iStock
Jakarta -

Dehidrasi bisa berbahaya bagi tubuh. Kekurangan cairan bisa berakibat pusing hingga berkurangnya fungsi organ jika sudah dalam kondisi parah.

Mencukupi kebutuhan cairan setiap hari sangatlah penting. Namun masalahnya tidak semua orang menyadari kalau dia dehidrasi sebelum mengalami gejala yang parah.

Nah, dokter satu ini punya cara mudah untuk mendeteksi apakah seseorang sudah mengalami dehidrasi. Lewat akun TikTok, dokter bernama Dr Karan Raj ini memperkenalkan teknik yang disebut Turgor Test, yang diklaim bisa mendeteksi kondisi dehidrasi hanya dalam hitungan detik. Bagaimana caranya?

Simpel saja, yang perlu dilakukan hanya mencubit kulit di area jari lalu tunggu beberapa lama. Jika kulit langsung kembali ke kondisi semula setelah dicubit maka tubuh terhidrasi dengan baik karena elastisitasnya tinggi.

Sebaliknya jika kulit butuh waktu lama untuk kembali ke kondisi semula, maka itu tanda-tanda awal dehidrasi, kulit kehilangan elastisitasnya. Unggahan Dr Karan ini pun jadi viral dan sudah dilihat lebih dari 6 juta kali sejak tayang pada 29 Juni 2021.

Dr Karan sendiri cukup terkenal di TikTok. Akunnya yang bernama @dr.karanr memiliki 4 juta lebih follower dan kerap menampilkan konten edukasi tentang kesehatan secara singkat.

"Teknik ini dikenal dengan istilah turgor test. Semakin tubuh terhidrasi dengan baik maka kulit akan makin elastis dan lebih cepat kembali normal setelah dicubit. Tapi ketika dehidrasi kulit hilang elastisitasnya dan butuh waktu lebih lama kembali ke bentuk semula," jelasnya.

@dr.karanr

Dehydration check @remus.bujor ##schoolwithdrkaran ##SimlishSessions ##WorkThisWay ##learnontiktok

♬ Steven Universe - L.Dre

Selain dengan teknik Turgor Test, berikut tanda-tanda dehidrasi lainnya yang perlu diwaspadai. Segera minum air putih atau cairan elektrolit apabila kamu mendapati sedikitnya dua dari tujuh tanda ini:

1. Mulut Terasa Kering

Jika mulut kering, kemungkinan besar kamu dehidrasi. Perlu diingat, kalau obat juga bisa membuat mulut kering. Jadi, jika sedang mengonsumsi obat, mulut kering dapat dikarenakan obat atau keduanya.

2. Sakit Kepala

Bila merasa sakit kepala, itu merupakan gejala lain dari dehidrasi. Tubuh mungkin ingin memberitahu kalau kamu harus minum lebih banyak air. Oleh sebab itu, siapkan satu gelas air mineral atau minuman manis di meja ketika sedang bekerja.

3. Urine Berwarna Gelap

Bagi kamu yang mengalami dehidrasi, warna urine bisa lebih gelap dari biasanya. Maka dari itu, lihat warna urin saat buang air kecil. Jika memang warnanya gelap, apalagi hingga menuju coklat, kamu perlu meminum banyak air.

4. Pusing

Pusing adalah salah satu tanda kalau tubuh tidak mendapatkan cukup cairan. Namun, gejala ini juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti obat atau rasa kantuk. Oleh sebab itu, kamu harus peka dengan kondisi tubuh sendiri, karena bisa saja pusing yang dirasakan kombinasi dari obat dan dehidrasi.

5. Kelaparan

Jika kelaparan, ada kemungkinan kalau tubuh kurang cairan. Tidak hanya makanan yang menyebabkan rasa lapar, tapi dehidrasi juga mempengaruhi hal tersebut. Untuk mengatasinya, ambil beberapa camilan ditambah segelas air supaya tubuh lebih segar.

6. Lesu dan Mengantuk

Lesu dan mengantuk merupakan tanda kamu kurang minum. Makanya, kalau kamu mengantuk saat sedang bekerja, coba minum segelas air dingin untuk membantu menyegarkan tubuh serta pikiran. Air juga bikin Anda kembali bersemangat.

7. Detak Jantung Tak Beraturan

Apa Anda merasakan detak jantung menjadi tidak beraturan? Jika iya, tidak menutup kemungkinan kalau tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Jadi, banyak minum selama menjalani kegiatan. Ingat, semua orang rata-rata membutuhkan delapan gelas air setiap hari.

(hst/hst)