6 Minuman yang Bisa Membantu Menghilangkan Jerawat

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 29 Nov 2019 18:39 WIB
Ilustrasi minuman yang bisa menghilangkan jerawat. Foto: iStock Ilustrasi minuman yang bisa menghilangkan jerawat. Foto: iStock

Jakarta - Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Selain faktor hormon dan lingkungan, makanan dan minuman juga turut serta mempengaruhi mulusnya wajah. Ada makanan dan minuman yang ternyata bisa membantu membuat wajah bebas dari jerawat. Seperti dikutip dari Byrdie, berikut ini enam minuman yang dapat menghilangkan jerawat.

1. Teh Matcha

6 Minuman yang Bisa Membantu Menghilangkan JerawatFoto: Istock

Sama seperti teh hijau, matcha juga terbuat dari tanaman yang sama, yaitu Camellia Sinesis. Yang berbeda hanyalah cara menanamnya. Matcha kaya akan antioksidan, termasuk epigallocatechin gallate (EGCG) yang berfungsi untuk mengontrol minyak pada wajah. Selain itu, antioksidan juga berperan untuk mencegah reaksi peradangan dari luar dan dalam. Dibandingkan dengan teh hijau, matcha memiliki kandungan natioksidan 137 kali lebih banyak.



2. Jamu Kunyit

6 Minuman yang Bisa Membantu Menghilangkan JerawatFoto: iStock


Kunyit bisa menjadi minuman yang mengatasi jerawat karena mengandung curcumin yang berfungsi sebagai anti peradangan, anti virus, antioksidan, dan juga anti jamur. Kunyit juga dapat digunakan sebagai pengobatan untuk penyembuhan berbagai penyakit. Selain itu, kunyit juga banyak dijadikan sebagai salah satu bahan campuran untuk masker. Sedangkan untuk membuat minuman kunyit, campurkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam air hangat. Setelahnya kamu bisa menikmatinya seperti layaknya meminum teh.

3. Kefir

6 Minuman yang Bisa Membantu Menghilangkan JerawatFoto: Istock


Kefir mengandung probiotik yang baik bagi kesehatan ususmu. Probiotik dapat berfungsi sebagai penangkal bakteri jahat dan mengurangi peradangan. Selain itu, kandungan protein laktoferin berfungsi untuk melawan jerawat. Meminum kefir yang mengandung 200 mg laktoferin dapat menurunkan hampir 39% kemunculan jerawat yang maradang selama 12 minggu.

4. Teh Spearmint

6 Minuman yang Bisa Membantu Menghilangkan JerawatFoto: Thinkstock


Spearmint adalah daun yang memiliki banyak manfaat. Spearmint biasanya digunakan sebagai obat kumur dan pasta gigi yang dapat membuat nafasmu menjadi lebih harum. Selain itu, daun spearmint juga memiliki manfaat positif untuk menghilangkan jerawat. Meminum dua cangkir teh spearmint setiap harinya setelah satu bulan bisa mengurangi peradangan jerawat sebesar 25% dan 51%.



5. Air Hangat

6 Minuman yang Bisa Membantu Menghilangkan JerawatFoto: iStock

Meminum banyak air putih memang sangat baik bagi kesehatan. Namun bagi orang yang berjerawat, lebih dianjurkan untuk meminum air hangat. Air hangat dapat membantu mendetoks racun dalam tubuhmu serta melancarkan pencernaan. Sebaliknya, air dingin justru dapat mengeraskan minyak dan makanan sehingga membuat timbunan lemak di usus. Pencernaan dan tubuh yang sehat akan berpengaruh pada kemunculan jerawat. Selain itu, saat meminum air dingin, tubuh akan memfokuskan dirinya untuk mengatur suhu tubuh daripada menyerap nutrisi. Hal ini bisa menyebabkan hilangnya air, sehingga tubuh dan kulit justru menjadi dehidrasi.

6. Jus Cherry

6 Minuman yang Bisa Membantu Menghilangkan JerawatFoto: Istimewa

Jus buah cherry kaya akan antioksidan, vitamin A, B, C, dan D. Buah cherry dapat membantu kulitmu untuk menyeimbangkan kandungan pHnya serta melawan peradangan. Selain itu, buah cherry juga memiliki kandungan melatonin yang dapat meningkatkan kualitas tidurmu.



Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)