10 Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Lukita Wardhani - wolipop Senin, 28 Jun 2021 11:41 WIB
Portrait of beautiful young woman eating cereals and fruits at home. Makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Foto: iStock
Jakarta -

Pada masa pandemi COVID-19 yang sedang melonjak tinggi, penting sekali untuk kita memperhatikan imun tubuh agar tidak menurun. Untuk menjaga imun tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti olahraga dan juga menjaga asupan makanan. Apa saja makanan untuk meningkatkan imun tubuh?

Ada banyak jenis makanan yang mudah ditemukan dalam keseharian yang bisa meningkatkan imun tubuh. Bagi kamu penyuka sayuran, bisa mengonsumsi brokoli atau bayam. Dan bagi kamu penyuka buah-buahan, ada kiwi yang kaya akan vitamin.

Berikut selengkapnya makanan untuk meningkatkan imun tubuh:

1. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral.Brokoli mengandung vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya.Brokoli adalah salah satu sayuran paling sehat yang bisa kamu konsumsi setiap harinya agar mendapatkan imun tubuh yang baik.

Manfaat Sehat Brokoli untuk TubuhBrokoli, makanan untuk meningkatkan imun tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto



Kunci untuk mendapatkan manfaat brokoli adalah memasaknya dengan waktu yang tidak terlalu lama agar kandungan vitaminnya tidak hilang.Penelitian telah menunjukkan bahwa mengukus adalah cara terbaik untuk menyimpan lebih banyak nutrisi dalam brokoli.



2. Makan Bawang Putih untuk Meningkatkan Imun Tubuh



Bawang putih termasuk bumbu dasar yang digunakan pada setiap makanan di dunia. Ternyata kandungannya dapat menjaga imun tubuh. Pada peradaban awal diakui bahwa bawang putih dapat memerangi infeksi. Selain itu bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan arteri, dan ada bukti bahwa bawang putih membantu menurunkan tekanan darah. Sifat meningkatkan kekebalan tubuh yang ada di bawang putih berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

3. Jahe



Makanan untuk meningkatkan imun tubuh berikutnya adalah jahe. Bumbu masakan alami ini dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang. Jahe juga dapat membantu mengatasi mual. Jahe juga dapat mengurangi rasa sakit kronis dan memiliki sifat penurun kolesterol.



4. Bayam


Bayam masuk ke daftar makanan untuk meningkatkan imun tubuh karena kaya akan vitamin C. Selain itu bayam juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi atau memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Viral di Twitter, Bayam Kini Bisa Kirim Email untuk ManusiaBayam, makanan untuk meningkatkan imun tubuh Foto: Twitter/Getty Images



Mirip dengan brokoli, bayam paling sehat jika dimasak dalam waktu yang sebentar agar nutrisinya tetap terjaga. Memasaknya dengan sederhana lebih memudahkan tubuh menyerap vitamin A dan nutrisi lainnya.



5. Minum Yoghurt untuk Meningkatkan Imun Tubuh



Mengonsumsi yoghurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit. Tapi coba kamu konsumsi yoghurt yang tawar daripada yang sudah ditambahi banyak varian dan mengandung gula.

Yoghurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang bagus sehingga membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.



6. Kacang Almond



Kacang almond bagus untuk mencegah dan melawan pilek, karena mengandung vitamin E dan vitamin C. Kandungan anti oksidan pada kacang almond adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Kacang-kacangan, seperti almond mengandung lemak sehat. Untuk orang dewasa kamu membutuhkan sekitar 15 mg vitamin E setiap hari. Porsi setengah cangkir almond, yaitu sekitar 46 almond utuh yang dikupas, menyediakan sekitar 100 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan.



7. Kunyit

KunyitKunyit Foto: iStock



Kunyit telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anti-inflamasi dalam mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi kurkumin, yang memberi warna khas pada kunyit, dapat membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga. Curcumin juga bisa menjadi makanan penambah imun (berdasarkan temuan dari penelitian pada hewan) dan antivirus. Namun hal ini perlu banyak penelitian lagi untuk pembuktiannya.



8. Teh Hijau



Teh hijau dan hitam mengandung flavonoid, sejenis antioksidan. Teh hijau benar-benar unggul adalah dalam kadar epigallocatechin gallate (EGCG), antioksidan kuat lainnya.

Dalam penelitian, EGCG telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Proses fermentasi teh hitam menghancurkan banyak EGCG. Sedangkan Teh hijau yang dikukus dan tidak difermentasi, sehingga EGCG dipertahankan. Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik. L-theanine dapat membantu dalam produksi senyawa pelawan kuman di sel T tubuh.



9. Pepaya



Makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang satu ini mudah ditemukan dan enak dikonsumsi. Ya, pepaya. Pepaya adalah buah yang sarat dengan vitamin C. Kamu dapat menemukan dua kali lipat jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari dalam satu buah pepaya berukuran sedang.

Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Pepaya memiliki jumlah potasium, magnesium, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan kamu.

kiwiKiwi, makanan untuk meningkatkan imun tubuh Foto: iStock

10. Kiwi


Seperti pepaya, kiwi termasuk makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Kiwi kaya akan nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya menjaga seluruh tubuh kamu berfungsi dengan baik.

Itulah 10 makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Dengan berbagai macam pilihan jenis makanan ini, kamu bisa mengonsumsinya dengan lebih mudah di masa pandemi Corona.



Simak Video "Bikin Haru! Sepasang Dokter Rela Tunda Nikah Demi Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)