Unik, Masker Rumah Kaca Anti Corona Ini Punya Tanaman Hidup di Dalamnya

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 23 Apr 2021 07:45 WIB
Alain Verschueren Foto: YouTube/RTE News
Jakarta -

Masker penutup wajah adalah salah satu benda terpenting di tengah situasi pandemi Corona saat ini. Itulah mengapa tak sedikit orang yang berinovasi untuk menemukan masker terbaik yang bisa dengan nyaman digunakan setiap hari. Pemerintah di Eropa sendiri telah menyarankan para warganya untuk membuat 'gelembung' untuk membatasi kontak sosial selama pandemi Corona.

Namun bukan masker biasa, masker yang satu ini mungkin tak akan terpikirkan sebelumnya olehmu. Seperti dikutip dari Asia One, salah seorang seniman dan pekerja sosial Belgia, Alain Verschueren telah membuat sebuah masker anti Corona unik yang memiliki tumbuhan di dalamnya.

Alain sendiri telah mencoba mempergunakan masker unik buatannya itu untuk berjalan-jalan di kota Brussel. Masker yang disebut 'oasis portabel' itu berbentuk seperti layaknya sebuah rumah kaca. Pada bagian dalamnya terdapat tumbuh-tumbuhan seperti tanaman Thyme, Rosemary, dan Lavender untuk memberikan udara pernapasan yang baik.

[Gambas:Youtube]

Ide dari masker 'oasis portabel' itu telah dikembangkan oleh Alain Verschueren sekitar 15 tahun yang lalu. Masker unik buatannya itu terinspirasi dari oasis subur di Tunisia, tempat dirinya pernah bekerja sebelumnya.

"Ini tentang menciptakan gelembung di mana saya bisa mengunci diri, untuk memisahkan diri dari dunia yang menurut saya terlalu membosankan, terlalu berisik atau bau," jelas Alain.

Alain yang mengaku memiliki penyakit asma itu juga menjelaskan bahwa bernapas di dalam alat buatannya itu jauh lebih nyaman dibanding dengan mengenakan masker penutup wajah yang banyak dijual di pasaran. Dengan membuat penutup wajah unik anti COVID-19 ini, Alain berharap dirinya bisa mendorong orang lain untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Tak hanya itu saja, Alain juga berharap alatnya bisa melindungi setiap orang dari polusi udara dan suara.

(vio/vio)