Sering Buka Media Sosial Bisa Sebabkan Gigi Rusak, Ini Penyebabnya

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 22 Mar 2021 12:33 WIB
Disappointed sad woman holding mobile phone while laying on bed at night Foto: iStock
Jakarta -

Media sosial sudah menjadi keseharian bagi banyak orang. Meski tidak selalu mengunggah konten, tak sedikit yang selalu ingin tahu berita terbaru dari Instagram, Twitter, atau TikTok. Meski mungkin menghibur bukan rahasia jika kebiasaan yang adiktif ini bisa punya efek kurang menyenangkan. Penelitian terbaru menunjukkan sering buka handphone untuk melihat media sosial juga bisa merusak gigi.

Sebuah penelitian baru-baru ini dilakukan oleh Tel Aviv University mengenai kebiasaan orang-orang menggunakan smartphone. Mereka yang membandingkan pengguna ponsel pintar yang punya banyak kegunaan dengan handphone 'kosher' di mana aplikasi-aplikasinya dibatasi. Dan terungkap hasil yang cukup mengejutkan bahwa smartphone mempengaruhi kesehatan gigi dikarenakan media sosial.

Handphone 'kosher' banyak digunakan oleh komunitas ultra-ortodoks di Israel di mana kebanyakan aplikasinya dihapus sehingga tidak mengganggu praktek agama. Dibandingkan dengan pemakai ponsel canggih, kebanyakan pengguna handphone 'kosher' pun terbukti lebih terhindar dari masalah-masalah seperti sulit tidur dan menggertak gigi.

Dari hasil studi ini, para peneliti Israel menyarankan pembatasan pemakaian handphone pintar setelah terbukti jika 20% pengguna smartphone sering terbangun ketika beristirahat di malam hari. Dan hal itu dikarenakan fomo atau fear of missing out yang menyebabkan mereka sering membuka media sosial.

"Orang-orang terus-terusan membuka ponsel karena mereka takut ketinggalan sesuatu. Mereka memeriksa WhatsApp, Facebook, dan aplikasi lainnya selalu. Ini menciptakan ketergantungan terus menerus pada ponsel yang membuat mereka merasa stres dan cemas, dan perasaan seseorang mungkin menulis di media sosial dan aku mungkin ketinggalan dan tidak tahu," kata Friedman-Rubin kepada the Times of Israel.

Rasa stres karena ingin tahu berita terbaru tersebutlah yang mempengaruhi kesehatan gigi orang. Dikatakan jika kecemasan membuat gigi jadi menggertak. Dibandingkan pengguna ponsel 'kosher', 20% pemakai smartphone yang sering buka media sosial juga mengalami rasa sakit di bagian rahang.

"Kami tentu menyukai perkembangan teknologi tapi dengan semua yang ada dalam hidup, penggunaan smartphone yang berlebihan bisa membawa gejala-gejala negatif. Penting untuk publik tahu konsekuensinya pada tubuh dan pikiran," tutur Friedman-Rubin.

(ami/ami)