11 Buah untuk Diet, Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Lukita Wardani - wolipop Jumat, 29 Jan 2021 18:08 WIB
Buah untuk diet menurunkan berat badan. Foto: shutterstock Buah untuk diet menurunkan berat badan. Foto: shutterstock
Jakarta -

Mengonsumsi buah-buahan memang baik bagi kesehatan tubuh. Selain menyehatkan ada juga buah untuk diet yang bisa menurunkan berat badan.

Apel misalnya terbukti sebagai buah yang rendah kalori namun tinggi serat. Ada juga kiwi yang bukan hanya bisa menjadi buah untuk menurunkan berat badan, tapi juga dapat menjaga daya tahan tubuh karena kaya vitamin C.

Berikut selengkapnya aneka jenis buah untuk diet menurunkan berat badan:

1. Jeruk Bali

Grapefruit adalah persilangan antara jeruk bali dan jeruk biasa. Jeruk bali termasuk buah untuk diet menurunkan berat badan karena setengah buah tersebut hanya mengandung 39 kalori tetapi menyediakan 65% dari asupan harian referensi (RDI) untuk vitamin C. Varietas merah jeruk bali juga menyediakan 28% dari RDI untuk vitamin A (1Trusted Source).

grapefruitJeruk Bali Foto: Thinkstock

Terlebih lagi, jeruk bali memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah, yang berarti ia melepaskan gula ke aliran darah lebih lambat. Diet rendah GI dapat membantu penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan. Dalam sebuah penelitian pada 85 orang gemuk, makan jeruk bali atau minum jus jeruk bali sebelum makan selama 12 minggu menghasilkan penurunan asupan kalori, penurunan 7,1% berat badan, dan peningkatan kadar kolesterol.

Selain itu, ulasan terbaru menemukan bahwa konsumsi jeruk bali mengurangi lemak tubuh, lingkar pinggang, dan tekanan darah dibandingkan. Meskipun jeruk bali bisa dimakan sendiri, jeruk bali juga cocok untuk salad dan hidangan lainnya.

2. Apel

Apel merupakan buah yang rendah kalori dan tinggi serat, dengan 116 kalori dan 5,4 gram serat per buah besar (223 gram) juga terbukti mendukung penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian, wanita diberi tiga apel, tiga pir, dan tiga kue gandum - dengan nilai kalori yang sama - per hari selama 10 minggu. Kelompok apel kehilangan 2 pon (0,91 kg) dan kelompok pir 1,6 pon (0,84 kg), sedangkan kelompok gandum beratnya tidak berubah.

Ilustrasi seorang wanita tengah makan apelBuah apel bagus untuk diet menurunkan berat badan. Foto: Th

Selain itu, sebuah studi observasi pada 124.086 individu menentukan bahwa orang yang makan apel kehilangan rata-rata 1,24 pon (0,56 kg) per porsi harian selama periode empat tahun. Penelitian menunjukkan bahwa apel paling baik dimakan utuh - daripada dijus - untuk mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan.

3. Buah Beri

Beri termasuk buah untuk diet menurunkan berat badan. Buah beri adalah buah yang dapat menambah nutrisi namun rendah kalori. Misalnya, 1/2 cangkir (74 gram) blueberry hanya mengandung 42 kalori tetapi menyediakan 12% RDI (kebutuhan harian) untuk vitamin C dan mangan, serta 18% untuk vitamin K. Satu cangkir (152 gram) stroberi mengandung di bawah 50 kalori dan menyediakan 3 gram serat makanan, serta 150% RDI untuk vitamin C dan hampir 30% untuk mangan.

Bukan Sembarang Lapisan, Bubuk Putih pada Blueberry Ini Punya Fungsi PentingBuah beri bagus untuk diet menurunkan berat badan. Foto: iStock

Satu studi kecil menemukan bahwa orang yang diberi camilan berry 65 kalori makan lebih sedikit makanan pada waktu makan berikutnya daripada mereka yang diberi permen dengan jumlah kalori yang sama. Selain itu, makan buah beri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan peradangan, yang mungkin sangat membantu orang yang kelebihan berat badan. Buah beri segar atau beku dapat ditambahkan ke sereal atau yoghurt untuk sarapan, dicampur dengan smoothie sehat, dicampur ke dalam makanan yang dipanggang, atau dimasukkan ke dalam salad.

4. Buah Batu

Buah batu, juga dikenal sebagai buah berbiji, adalah sekelompok buah musiman dengan bagian luar berdaging dan batu, atau lubang, di bagian dalam. Mereka termasuk persik, nektarin, plum, ceri, dan aprikot.

Nenek Jual Buah Aprikot OnlineBuah aprikot Foto: CCTV/SCMP

Buah batu rendah GI, rendah kalori, dan kaya nutrisi seperti vitamin C dan A - yang membuatnya bagus untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan. Satu buah persik ukuran sedang (150 gram) mengandung 58 kalori, sedangkan 1 cangkir (130 gram) ceri menyediakan 87 kalori, dan dua buah plum kecil (120 gram) atau empat buah aprikot (140 gram) hanya memiliki 60 kalori.

Buah batu dapat dimakan segar, dicincang dalam salad buah, dicampur menjadi bubur yang hangat, atau bahkan dipanggang atau ditambahkan ke hidangan gurih.

5. Markisa

Buah markisa ini berasal dari Amerika Selatan, tumbuh di pohon anggur yang indah dan berbunga. Ia memiliki kulit luar yang keras - berwarna ungu atau kuning - dengan massa biji yang dapat dimakan di dalamnya. Satu buah (18 gram) markisa hanya mengandung 17 kalori dan merupakan sumber serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kaya akan kalium.

markisaBuah markisa bisa untuk diet menurunkan berat badan. Foto: iStock

Untuk buah sekecil itu, markisa mengandung banyak serat makanan. Faktanya, lima markisa antaranya memberi 42% RDI untuk kurang dari 100 kalori. Serat memperlambat pencernaan kamu, membantu merasa kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan.

Selain itu, biji markisa menyediakan piceatannol, zat yang terkait dengan penurunan tekanan darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada pria yang kelebihan berat badan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian mengenai manfaat markisa ini. Untuk menurunkan berat badan, buah markisa paling baik dikonsumsi utuh.

6. Rhubarb

Rhubarb sebenarnya adalah sayuran, tetapi di Eropa dan Amerika Utara, sering dibuat seperti buah. Meskipun hanya memiliki 11 kalori per batang, ia masih mengemas hampir 1 gram serat dan hampir 20% dari RDI untuk vitamin K. Selain itu, serat rhubarb dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi, yang merupakan masalah umum bagi orang yang kesulitan menurunkan berat badan.

Fresh rhubarb in white bowl on wooden tableRhubarb Foto: Getty Images/iStockphoto/Nadezhda_Nesterova

Dalam sebuah penelitian pada 83 orang dengan aterosklerosis - penyakit arteri - mereka yang diberi 23 mg ekstrak rhubarb kering per pon berat badan (50 mg per kg) selama enam bulan mengalami penurunan kolesterol yang signifikan dan peningkatan fungsi pembuluh darah.

Batang rhubarb dapat direbus dan disajikan dengan bubur atau sereal favorit Anda. Meskipun dapat digunakan dengan banyak cara, termasuk dalam makanan penutup, yang terbaik adalah tetap menggunakan hidangan rhubarb rendah gula saat mencoba menurunkan berat badan.

Mau tahu apalagi buah untuk diet menurunkan berat badan lainnya? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2